Rp 700 Juta untuk Penerimaan ASN

Seluma bengkuluTAIS, Bengkulu Ekspress – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK dan PSDM) Kabupaten Seluma, saat ini sudah menyiapkan anggaran untuk penerimaan aparatur sipil negara (ASN) 2017. Diperkirakan tahun ini Pemkab Seluma bakal mendapatkan kuota penerimaan ASN dari Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Sipil Negara (Kemen-PAN). Setelah akhir 2016, Pemkab Seluma mengusulkan kuota penerimaan ASN sebanyak 590 orang ASN. Usulan kuota ini sesuai dengan kebutuhan tenaga pegawai di Kabupaten Seluma.

“Saya belum bisa memastikan, tapi sepertinya bakal ada penerimaan ASN. Dari sinyal dan informasi yang kami dapat di kementerian,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BK dan PSDM Seluma Ikhwan SSos kepada BE kemarin (7/9).

Dengan adanya informasi itu, BK dan PSDM mengusulkan tambahan anggaran dalam APBD Perubahan 2017. Sebelumnya dalam APBD awal sudah dianggarkan dana sebesar Rp 500 juta. Dana ini untuk kepentingan penerimaan ASN tahun ini. Kemudian kebutuhan anggaran ini ditambah sebesar Rp 200 juta lagi. Sehingga total anggaran yang disiapkan oleh BK dan PSDM Seluma, Rp 700 juta.

“Ya, memang kami mengusulkan tambahan anggaran, tapi belum disetujui, karena APBD Perubahan 2017 belum disahkan,” tegasnya.

Plt Kepala BK dan PSDM mengatakan, jika tidak disiapkan dana cadangan untuk kegiatan penerimaan ASN. maka jika memang benar ada penerimaan, jelas BK dan PSD kewalahan. Karena anggarannya tidak tersedia.

Saat ini Kabupaten Seluma masih membutuhkan tenaga pegawai. Khususnya untuk tenaga medis, serta tenaga guru.

Karena untuk guru dan medis jumlahnya masih sedikit. Selain itu juga dibutuhkan pegawai untuk tenaga teknis, karena setiap tahunnya lebih dari 50 orang ASN Seluma pensiun. Belum lagi ditambah sejumlah ASN yang pindah keluar dari Kabupaten Seluma.
“Memang kita membutuhkan tenaga PNS setelah banyak di tinggal pensiun sedangkan penggantinya tidak ada,” sampainya. (333)