Rp 700 Juta Perbaiki Jembatan Rusak

Dok/Bengkulu Ekspress Salah satu jembatan rusak akibat banjir di Kabupaten Seluma.
Dok/Bengkulu Ekspress Salah satu jembatan rusak akibat banjir di Kabupaten Seluma.

SUKARAJA, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Seluma, mengeluarkan surat keputusan (SK) penetapan banjir dua mingu lalu sebagai bencana alam yang mengakibatkan sejumlah kerusakan.

Sedikitnya Rp 700 juta dialokasikan untuk perbaikan sejumlah jembatan dan fasilitas yang mengalami kerusakan akibat banjir tersebut.

“Banjir itu bencana alam terbesar di Seluma. Perbaikan jembatan empat titik di Sukaraja harus dilakukan segera mungkin,”tegas Sekretaris Daerah Irihadi Msi kepada Bengkulu Ekspress Selasa (10/10).

Perbaikan jembatan tersebut menjadi keharusan mengingat petani di kawasan banjir mengandalkan jembatan rusak tersebut sebagai akses membawa keluar masuk hasil pertaniannya.

“Kita hanya melakukan perbaikan jembatan agar bisa dimanfaatkan sehingga kedepan usulan perbaikan dan pembuatan jembatan baru bisa diusulkan desa,” sampainya.

Sekda menambahkan, untuk memastikan nilai anggaran yang dikucurkan untuk perbaikan jembatan itu, Dinas terkait bakal dipanggil guna menaksir anggaran yang dibutuhkan serta menetapkan waktu yang tepat untuk mengerjakan jembatan itu.

Diketahui sebelumnya, Anggota DPRD Seluma Komisi III Tenno Heika SSos mengkritisi Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma, tidak mengucurkan anggaran dana tanggap darurat untuk memperbaiki jembatan rusak akibat banjir.

“Pemda Seluma juga harus respek terhadap akan adanya bencana alam ini. Dengan mengalokasikan sebagain anggran untuk musibah yang tidak diinginkan ini,” imbuhnya. (333)