Rp 15 Juta/desa untuk Bentuk Panitia Pilkades


KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang menyiapkan anggaran Rp 15 juta untuk masing-masing desa. Dana tersebut digelontorkan untuk membentuk panitia pemilihan kepala desa (Pilkades). Total ada 36 desa di delapan kecamatan se-Kabupaten Kepahiang yang akan menyelenggarakan Pilkades di tahun ini. Tahapan pelaksanaan dimulai dari pembentukan panitia Pilkades sudah mulai berjalan.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan SH mengatakan, pihaknya tengah menunggu rencana usulan kerja pembentukan panitia Pilkades.

“Dananya lima belas juta per desa, sekarang kita masih menunggu rencana usulan agenda kerjanya,” tutur Iwan.

Meskipun demikian, Bagian Pemerintahan belum dapat memastikan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak di Bumi Sehasen. Karena pemerintah masih menunggu revisi Raperda Pilkades untuk menyesuaikan dengan Permendagri dan putusan MK yang menghapuskan syarat domisili didalam proses pemilihan pimpinan tertinggi pedesaan tersebut.

“Yang jelas agenda kita pelantikan serentak Kades terpilih di tanggal 28 Desember, jadi pelaksanaan sebelum-sebelum pelantikan sudah harus tuntas,” katanya.

Selain itu ada tiga desa akan melaksanakan pergantian antar waktu (PAW) Kades. Yaitu desa Daspetah II Kecamatan Ujan Mas Mekar Sari Kecamatan Kabawetan dan Taba Air Pauh Kecamatan Tebat Karai.

“Dua desa PAW karena Kades nya meninggal dunia, lalu satu desa karena Kades nya mengundurkan diri,” ujarnya.

Kades Mekar Sari dan Taba Air Pauh meninggal dunia tahun lalu, sehingga sekarang terjadi kekosongan pimpinan sementara Desa Daspetah II di PAW karena Kades mengundurkan diri setelah terlibat permasalahan sosial tahun lalu. (320)