Robot Wall Following Juara 1 di UNIB Fair 2016

unib-fair-2016-lomba-robotBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Universitas Bengkulu (UNIB) sebagai Universitas terbesar di Provinsi Bengkulu sukses mengadakan perhelatan akbar perdananya, yakni UNIB Fair.

Kegiatan ini digelar selama 2 hari berturut-turut dan kemarin (24/11) kegiatan ini ditutup. Saat acara penutupan itu sekaligus diumumkan pemenang lomba robotik tingkat nasional. Hasilnya predikat juara 1 berhasil diraih tim Uncu Junior dengan robot Wall Following yang memilki sensor mobil terbaik.

“Senang sekali rasanya bisa lolos juara 1, meskipun kemarin sempat panik mobilnya keluar jalur, tetapi Alhamdulillah akhirnya dapat juara,” tutur Ketua Tim Wall Following.

Albar Pratama Tanjung saat diwawancarai BE usai menerima piala sebagai juara 1 dalam robotik UNIB.

Dengan predikat juara 1 itu tim Wall Following berhak mengikuti Kompetisi Robotik tingkat Nasional dan menjadi tim binaan UNIB. Tim Wall Following memiliki tanggung jawab mengikuti pembinaan beberapa bulan kedepan. Untuk itu, Albar mengaku siap mengkuti pembinaan sebelum mengikuti kompetisi tingkat nasional dan juga mewakili Provinsi Bengkulu.

“Kita sudah siap secara ide dan mungkin untuk mobil pemadam api yang kita bilang kemarin (Rabu), bakal kita bicarakan lagi. Untuk mental juga kita persiapkan sebaik mungkin,” tutur Albar.
Berikutnya untuk juara 2 disusul tim Low Karen dan juara 3 Indo Tiga Pasar

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unib Mochammad Ridwan SE MP mewakili Rektor UNIB Ridwan Nurazi MSc menutup acara UNIB Fair tersebut. Rektor Ridwan Nurazi tidak dapat hadir dalam acara itu karena mewakili UNIB berangkat ke Korea Selatan Selatan dalam rangka penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Saat ditemui BE usai acara penutupan UNIB Fair Mochammad Ridwan mengatakan, lomba robotik sebagai poin penting di UNIB Fair untuk merangsang mahasiswa menunjukkan kreasinya.

“Alhamdulillah dengan diadakannya lomba robotik di UNIB Fair ini ternyata memunculkan mahasiswa yang sudah bisa berkresi dibidang robotik. Bahkan ada kemarin dari fakultas pertanian yang sudah bisa menciptakan robot kaki seribu,” tuturnya.

Ridwan juga mengatakan agar potensi lainnya di UNIB juga dapat dimunculkan tahun depan.

“Insyallah tahun depan akan kita adakan lebih besar lomba (robotik) ini dan dibuka untuk umum. Tahun depan bisa ditingkatkan kualitasnya dan variannya semakin besar.” Jelas Ridwan. (mg1)

Daftar Pemenang:

Juara I Tim Wall Following
Juara II Tim Low Karen
Juara III Indo Tiga Pasar