RM Tolak Mobnas Alphard

RIO-GUB WAGUB TIBA DI BALAI SEMARAK-- (2)

BENGKULU, BE – Langkah positif diawali Gubernur Bengkulu Dr H Ridwan Mukti dalam memberikan keteladanan. Gubernur yang akrab disapa RM ini secara tegas menolak fasilitas mewah berupa mobil dinas Toyota Alphard dan Fortuner yang sedang disiapkan Sekretariat Daerah Pemerintah Provisni Bengkulu. RM mengaku cukup menggunakan mobil Kijang Innova saja. Menurutnya fasilitas kepala daerah dan wakil kepala daerah tidak begitu penting dibanding mengutamakan untuk membangun infrastruktur jalan, jembatan, pendidikan dan kesehatan masyarakat.

“Tidak bagus menggunakan Alphard. Kalau Fortuner, mobil saya saja bagus dari itu jadi tidak perlulah. Saya justru mengajakan Setda, semua SKPD dan DPRD untuk mengirit anggaran. Misalnya Sekda bisa mengirit Rp 25 miliar dan DPRD bisa Rp 25 miliar berarti sudah ada Rp 50 miliar, dan itu bisa untuk membangun jalan beberapa kilometer,” kata Ridwan Mukti, kemarin (16/2).
Ia menjelaskan, dari sekitar 800-an desa yang sudah ia kunjungi saat kampanye lalu, semuanya membutuhkan uluran tangan dan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. Karena itu, ia akan fokus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut dengan menyediakan infrastruktur jalan yang memadai, memberikan pelayanan pendidikan yang murah dan berkualitas serta menjamin kesehatan masyarakat.

“Yang penting sekarang adalah sederhana saja, kalau bisa masalah kendaraan dinas itu kita tahan dulu. Kita juga meminta para pejabat dan anggota DPRD untuk menahan diri dulu, kita dulukan kepentingan masyarakat karena memang itulah kepentingan uang urgen,” bebernya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Sekda Provinsi Bengkulu Drs H Sumardi MM saat dikonfirmasi mengaku sudah memesan kendaraan untuk gubernur dan wakil gubernur tersebut. Ia mengaku yang akan digunakan oleh gubernur dan wakil gubernur adalah Toyota Fortuner. Sedangkan mobil Alphard hanya digunakan bila gubernur kedatangan tamu dari pemerintah pusat.

“Yang sudah dipesan ya digunakan, Alphard itu untuk tamu atau tergantung petunjuk gubernur nanti. Semua tergantung petunjuk Pak Gubernur,” kata Sumardi.

Untuk diketahui, harga Toyota Fortuner keluaran 2016 2.8V 4WD A/T mencapai Rp 624 juta,  Toyota Fortuner 2016 2.4V 2WD A/T seharga Rp 534,28 juta dan Fortuner tipe 2.7V 2WD A/T seharga Rp 565,5 juta.

Sedangkan harga mobil Toyota Alphard berkisar antara Rp 800 hingga Rp 1,6 miliar. Rinciannya, Toyota Alphard tipe 3,5Q seharga Rp. 1,64 miliar, Alphard tipe 2.5G sekitar Rp 989,6 juta dan Alphard tipe 2.5X mencapai Rp 839,6 juta.(400)