Riri: Kembalikan Lebong sebagai Lumbung Padi

Prw Riri

BENGKULU, BE – Untuk mengembalikan kejayaan Kabupaten Lebong sebagai lumbung padi di Provinsi Bengkulu bukan hal yang rumit. Sebab, Lebong memiliki lebih dari 10 ribu hektar lahan dan mayoritas rakyat Lebong berprofesi sebagai petani.
“Sayangnya upaya serius untuk mengembalikan kejayaan tersebut tidak pernah dilakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Lebong, khususnya dalam kurun waktu lima tahun terakhir ” terang anggota DPD RI termuda se-Indonesia, Riri Damayanti John Latief, kepada BE, kemarin (26/10).
Lanjut anak kandung Leni Haryati John Latief ini, menjelaskan, guna mengembalikan kejayaan tersebut, revitalisasi pertanian di Lebong harus segera dilaksanakan. Artinya, sektor pertanian harus ditempatkan kembali sebagai sektor penting dengan menyegarkan vitalitas kinerja pertanian dalam pembangunan di Kabupaten Lebong.
“Langkah utama yang harus dilakukan di Lebong adalah memodernisasi sistem pertanian yang ada. Artinya, pemerintah setempat harus menyediakan alat-alat yang canggih bagi para petani untuk mengolah, menanam dan memetik hasil-hasil pertanian mereka,” ungkap Riri.
Tambah Riri, pemerintah juga harus membantu petani sejak masa penanaman hingga panen. Misalnya dengan menyediakan alat transportasi yang murah dan massal untuk mengangkut hasil-hasil pertanian ke pasar.
“Pemerintah harus memberikan pelatihan agar petani terampil melakukan itu semua secara mandiri. Termasuk membantu petani bisa mengemas dengan baik hasil-hasil tanaman mereka dan menjualnya dengan harga jual yang bagus dipasaran,” tambahnya.
Riri menjelaskan, revitalisasi juga menuntut agar Pemerintah Kabupaten Lebong dapat menyediakan pusat-pusat penjualan pupuk dan bibit yang murah dan unggul. Menurut jebolan Universitas Indonesia ini, upaya tersebut penting segera dilaksanakan agar para petani dapat menekan ongkos produksi mereka.
“Guna mengontrol harga-harga komoditas pertanian, pemerintah harus menyiapkan balai-balai pertanian di tingkat desa-desa untuk membeli hasil-hasil pertanian, bukan hanya beras sebagaimana yang dilakukan Bulog. Petani adalah pahlawan kehidupan,” kata Riri.
Untuk itu, demi mengembalikan Kabupaten Lebong sebagai lumbung padi di Provinsi Bengkulu merupakan impian para petani di bumi Swarang Patang Stumang. Misalnya diungkapkan tokoh masyarakat Desa Dusun II Pagar Agung Kecamatan Lebong Tengah, Romli Ato.
“Kami berharap kejayaan Lebong sebagai lumbung padi bisa diwujudkan oleh Pemkab Lebong pada periode lima tahun mendatang. Kami yakin bisa diwujudkan bila pemerintahnya mau berbuat,” paparnya saat mengikuti acara syukuran di rumah pemenang hadiah motor Riri Damayanti John Latief, Minggu (26/10). (151/prw)