Ribuan Warga Terima PSKS

SAMSUNG CAMERA PICTURES

BENGKULU, BE – Ribuan warga miskin Kota Bengkulu, kemarin memadati Kantor Pos Padang Jati Bengkulu. Mereka mengantre untuk mendapatkan uang tunai Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) tahun 2015. Panjangnya antrean ini dikarenakan banyak warga yang datang tidak sesuai jadwal pembagian dana PSKS sebagaimana sudah ditentukan oleh petugas Kantor Pos.
“Kita sudah jadwalkan perkecamatan dan perkelurahan. Dimulai dari Kecamatan Ratu Agung, untuk kelurahan Tanah Patah kemudian menyusul kelurahan lainnya. Namun di lapangan, masyarakat banyak ikut mengantre ketika belum dilakukan pemanggilan pada kelurahannya,” jelas Kepala Kantor Pos Cabang Bengkulu, Sudirdjo, saat ditemui BE, kemarin (1/4).
Banyaknya masyarakat yang mengantre membuat petugas pembagian dana PSKS menjadi kewalahan untuk melayani antrean. Sehingga tak heran, banyak masyarakat yang berdesak-desakan untuk menunggu giliran pemanggilan.
“Saya mengimbau kepada masyarakat yang menerima dana PSKS, untuk dapat datang pada jadwal per kelurahannya. Agar masyarakat yang mengantre tidak terlalu banyak menumpuk pada tempat antrean yang sudah disiapkan oleh petugas,” imbaunya.
Seperti diketahui, pada hari Rabu kemarin (1/4) dijadwalkan untuk wilayah Kota Bengkulu pada Kecamatan Ratu Agung dengan 2160 Rumah Tanggga Sasaran (RTS). Untuk antreannya sendiri petugas membagi per-kelurahan, dimulai dari Kelurahan Tanah Patah dengan 194 RTS, kemudian Kebun Tebeng 205 RTS, Sawah Lebar Baru 400 RTS, Sawah Lebar 403 RTS, Nusa Indah 142 RTS. Dilanjutkan Kelurahan Kebun Beler 173 RTS, Lempuing 332 RTS dan Padang Harapan 91 RTS.
“Hari ini, Kamis (2/4) kita jadwalkan Kecamatan Ratu Samban dengan 1111 RTS dan Sungai Serut sebanyak 1141 RTS,” tambah Sudirdjo.
Pada Kecamatan Ratu Samban, pembagian dimulai pada pukul 08.00 WIB. Untuk jadwal pertama yaitu Kelurahan Anggut Bawah dengan 32 RTS, Penurunan 114 RTS, Padang Jati 188 RTS, Belakang Pondok 227 RTS, Pengantung 192 RTS. Dilanjutkan Kebun Dahri 105 RTS, Kebun Grand 110 RTS, Anggut Atas 73 RTS dan Anggut Dalam 70 RTS. Untuk Kecamatan Sungai Serut sebanyak 7 kelurahan. Dimulai Surabaya 201 RTS, Semarang 113 RTS, Tanjung Jaya 69 RTS, Tanjung Agung 72 RTS, Suka Merindu 343 RTS, Kampung Kelawi 179 RTS dan Pasar Bengkulu 169 RTS.
“Untuk hari selanjutnya, masyarakat dapat melihat jadwal lengkapnya di setiap Kantor Pos yang ada di Kota Bengkulu,” paparnya.
Sekadar informasi, bantuan dana PSKS ini diterima selama 3 bulan dari bulan Januari hingga Maret ini. Untuk setiap RTS, akan mendapatkan dana bantuan sebasar Rp. 600 ribu. Rencananya setelah pembagian dana PSKS untuk wilayah kota, maka akan dilanjutkan pada kabupaten yang masih di bawah naungan kantor pos Padang Jati. Seperti Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Seluma, Kaur dan Muko-muko.
“Nanti akan kita mulai bagikan pada tanggal 18 April. Untuk kabupaten yang tidak dibawah naungan kami, nanti akan segera menyusul atas pemberitahuan dari Kantor Pos terbesar di wilayahnya,” jelasnya
Untuk penerima juga diharapkan agar membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan membawa asli dan foto kopi KTP dan KK. Sementara itu, untuk pengambilan dana tersebut tidak dapat diwakilkan oleh siapappun. Hal ini bertujuan agar bantuan ini tersalurkan tepat pada sasaran,” tutupnya. (cw2)