Ribuan Masyarakat Saksikan Penutupan Festival Tabot Bengkulu

Tabot01
Penutupan Festival Tabot Bengkulu tahun 2015

Foto – Angga Dwinka

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan penutupan Festival tabot Bengkulu yang dirangkai dengan ritual tabot besanding di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, Kamis (22/10/2015). Festival Tabot secara resmi ditutup oleh Gubernur Bengkulu H Juniadi Hamsyah dan ditandai dengan pemukulan alata musik Dol.

Sejak dibuka hingga penutupan malam ini, rangkaian festival Tabot berlangsung meriah dan sukses. Pantauan Bengkulueskspress.com, setiap malamnya Festival Tabot yang diisi dengan kegiatan kebudayaan ini bahkan tak pernah sepi pengunjung.

Dengan itu, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah mengapresiasi atas kerja Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu Rudi Perdana yang mampu menyelenggarakan festival tabot dengan sukses dan meriah. Pujian juga dilayangkan Gubernur kepada Keluarga Kerukunan Tabot (KKT) yang mampu bekerjasama dengan Pemerintah.

“Apresiasi atas kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan  Keluarga kerukunan Tabot yang dapat membuat festival Tabot sukses dan berhasil,” sampai Gubernur dalam sambutannya sebelum menutup festival tahunan ini.

Penutupan festival Tabot tahun 2015 ini juga dihadiri oleh Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Dr Kacung Marijan MA.

Sama halnya dengan Gubernur, Kacung pun mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Provinsi Bengkulu yang sukses menggelar acara Tabot yang sarat akan nilai budaya. Hal ini, dinilai Kacung sebagai bentuk dari pengembangan budaya daerah Bengkulu itu sendiri.

“Festival tabot dulu hanya ritual sekarang diisi dengan berbagai kegiatan kebudayaan. Ini menunjukan masyarakat dan pemerintah bukan sekedar menjaga budaya itu tapi mengembangkannya dan pada akhirnya memanfaatkannya,” terang Kacung yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan yang belum sempat hadir pada Festival Tabot Bengkulu tahun 2015.

“Kebudayaan akan baik kalau komunitas yang menjaga bekerjasama dengan pemerintah,” tambahnya.

Pada malam penutupan ini juga diumumkan pemenang dari perlombaan yang digelar selama festival Tabot. Nama-nama pemenang diumumkan langsung oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu, Rudi Perdana. (Dil)