Ribuan Dosis VAR Didistribusikan

jarum_suntikMUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Jumadi SP menyampaikan,  sebanyak 5 ribu dosis vaksin anti rabies (VAR) telah didistribusikan ke petugas kesehatan hewan di kecamatan yang tersebar di daerah tersebut. Petugas disarankan segera memberikan vaksin  kepada hewan pembawa rabies (HPR).

“Lima kecamatan induk, VAR telah kita distribusikan kepada petugas kesehatan hewan,” katanya.

Ia menargetkan, 5 ribu dosis itu  dapat memvaksinasi 5 ribu hewan penular rabies, khususnya yang dipelihara masyarakat di daerah tersebut. Seperti, anjing, kucing dan monyet. Karena masyarakat di daerah tersebut masih banyak yang pelihara hewan – hewan yang berisiko penular rabies.

“Untuk antisipasi kita berikan VAR. Sehingga warga yang pelihara hewan tersebut tidak terancam. Pun dengan masyarakat sekitarnya,” katanya.

Ia mengharapkan, ribuan VAR tersebut telah selesai dilaksanakan petugas kesehatan hewan di kecamatan  – kecamatan rampung hingga Desember mendatang. Meskipun jumalah VAR tersebut dinilai cukup terbatas. Karena populasi hewan berpotensi  penular rabies  di daerah ini secara keseluruhan baik itu yang liar dan dipelihara mencapai belasan ribu. (900)