Ribuan Bibit Sawit dan Pala Dibagikan

bibit-sawit-dan-pala-small
SIAP: Bibit sawit dan bibit pala yang dibagikan kepada petani di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Jika tidak ada kendala, Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS), dalam waktu dekat akan membagikan bibit sawit dan pala pengadaan tahun 2015, kepada petani di Kabupaten BS. Jumlah bibit bibit sawit sebanyak 50 ribu batang dan pala 8 ribu batang.

“Insya allah 2 minggu lagi, 50 ribu bibit sawit dibagikan dan  8 ribu pala sudah mulai kami bagikan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Distan BS, Ir Trisman MSi, kemarin (15/11).

Bibit sawit itu akan dibagikan kepada petani di 7 kecamatan. Yakni, Kota Manna, Pasar Manna, Manna, Bunga Mas, Kedurang Ilir, Pino Raya dan Pino.

Petani yang menerima bibit tersebut harus petani yang memiliki lahan kosong atau untuk mengganti tanaman sawitnya yang sudah tidak produktif lagi. Hanya saja untuk mendapatkan bibit, petani harus membayar Rp 10 ribu per batang. Uang ini nanti akan menjadi pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemda Bengkulu Selatan. “Bagi petani yang mau bibit sawit di 7 kecamatan tersebut, harus membayar dengan harga Rp 10 ribu perbatang,” ujarnya.

Sedangkan 8 ribu bibit pala akan dibagikan pada petani di 4 kecamatan yakni Ulu Manna, Air Nipis, Seginim dan Kedurang. Empatb kecamatan ini sengaja tidak diberi bibit sawit karena sebagai kawasan kedap air dan dilarang dijadikan lokasi perkebunan sawit.

Untuk mendapatkan bibit ini, petani cukup membawa identitas diri dan memiliki lahan kosong. Bibit ini akan dibagikan pada petani secara gratis. “Untuk bibit pala kami bagikan secara gratis, sehingga bagi yang mau silakan datang pada kami,” demikian Trisman.

Trisman berharap, bantuan bibit berkualitas ini bisa meningkatkan hasil produksi pertanian petani di Bengkulu Selatan. Sehingga kedepan perekonomian mereka semakin membaik. “Bibit yang kami bagikan ini merupakan bibit berkualitas, semoga setelah panen produksi sawit dan laga semakin maksimal agar petani Bengkulu Selatan semakin makmur,” harap Trisman.(369)