Rekrut CPNS Pemkot Perlu Kajian Matang

BENGKULU, BE – Rencana Pemerintah Kota untuk membuka peluang tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) perlu dikaji secara matang. Diharapkan, rekrutmen pegawai baru ini tidak hanya ditujukan untuk menunjang pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota, namun juga disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

“Untuk kembali menerima PNS setelah tiga tahun tidak melakukannya perlu dikaji secara matang. Karena sebenarnya kebutuhan kita adalah menjadikan birokrasi yang ada lebih terampil dan profesional, bukan penambahan,” kata anggota DPRD Kota Bengkulu, Heri Ifzan.

Menurutnya, besarnya jumlah PNS yang ada di Pemerintah Kota saat ini masih cukup memadai bilamana diberikan tugas-tugas pelayanan publik secara maksimal. Hanya saja, kinerja tenaga pegawai yang ada saat ini perlu didongkrak agar tercapai hasil-hasil pembangunan yang memuaskan.

“Yang terpenting adalah perhitungan kebutuhan itu bukan berdasarkan jumlahnya saja, tapi juga mutu pegawainya itu sendiri. Sebelum kita membuka penerimaan pegawai baru, kenapa tidak kita hitung dulu secara cermat apakah tenaga-tenaga yang sudah ada ini sebenarnya mampu tidak untuk mengerjakan tugas-tugas yang akan diembankan kepada pegawai baru tersebut,” urainya.

Sementara Wakil Direktur Institute of Social Justice (ISJ) Bengkulu, Laiman Akhiri, menyarankan agar Pemerintah Kota memiliki tabulasi data PNS. Menurutnya, tabulasi data PNS ini akan memudahkan Pemerintah Kota dalam menganalisis kebutuhan pegawai.

“Tabulasi data ini juga akan menjadi sarana efektif dalam melakukan mutasi berbasis pada kebutuhan konkret. Kepala daerah juga jadi tidak perlu-perlu repot untuk memerinci berapa pegawai yang dimiliki dan apa kemampuan yang dimiliki oleh pegawainya,” ucap Laiman.

Disamping itu, Laiman melanjutkan, seyogyanya PNS yang ada dapat didistribusikan secara merata sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap kawasan yang ada di Kota Bengkulu. Menurutnya, hal ini penting untuk menghindari tertumpuknya pegawai di instansi tertentu dan ketimpangan-ketimpangan dalam pembangunan.

“Pemerintah juga harus sering-sering melakukan riset kebutuhan di tiap-tiap wilayah. Sehingga PNS juga dapat dikerahkan bekerja sesuai dengan prioritas-prioritas pembangunan. Dengan demikian, rakyat benar-benar dapat merasakan kehadiran pemerintah dalam pembangunan,” pungkasnya.

Sebelumnya terlansir, setelah dua tiga tahun berpuasa tak menerima CPNS, Pemerintah Kota Bengkulu akhirnya mengisyaratkan mulai membutuhkan tenaga pegawai baru. Saat ini, Pemerintah Kota Bengkulu tengah melakukan analisis terhadap kebutuhan pegawai di lingkungan masing-masing SKPD. Hal ini disampaikan Kabag Humas Setda Kota, Dr H Salahuddin Yahya MSi, kemarin (16/4).

Ia menjelaskan, analisis kebutuhan pegawai baru ini didasarkan kepada aturan-aturan dalam Undang Undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Setiap SKPD diminta untuk menyampaikan kebutuhan pegawai baru untuk menunjang kegiatan harian di lingkungan SKPD masing-masing. (009)