Realisasi Pajak Kendaraan Bermotor Capai 60 Persen

pengertian-pajakKEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB), Tunggakan, Denda dan AP Kabupaten Kepahiang mencapai Rp 5,3 miliar lebih. Jumlah tersebut baru 60 persen dari total target Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Kepahiang, sebesar Rp 8,8 miliar lebih untuk tahun 2016.

Kepala Samsat Heppy Yunizar S.SOs MM didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pemb. dan Pelaporan Suparno SSOs kemarin (17/11). Secara pontensi Kabupaten Kepahing memiliki 12.000 hingga 20.000 kendaraan.

“Untuk PKB, Tunggakan PKB dan Denda PKB tahun ini sudah terealisasi 60 persen, hitungan ini dibulan Okotber akhir,” ungkap Heppy.

Pun demikian Ia memastikan bila target Rp 8,8 miliar sulit akan tercapai, mengingat batas waktu kerja ditahun ini tinggal satu setengah bulan. “Kalau target memang tidak memungkinkan untuk dicapai, mengingat waktu yang sudah mepet, sejuah ini untuk sosialisasi pembayaran pajak kendaraan sudah optimal kita laksanakan, 20.000 itu potensi kendaraan tetapi yang terdata aktif bayarnya sekitar 12.000,” tuturnya.

Selain PKB juga ada penerimaan BBN II dari total target Rp 205 juta lebih  hingga Oktober lalu tercapai Rp 75 juta lebih atau sebesar 37 persen. “Untuk BBN ini kendaraan yang dari luar Kabupaten Kepahiang namun masih berada dilikup Provinsi Bengkulu masuk ke Kepahiang hingga bayarnya dikita,” ungkap Kasi Pemb dan Pelaporan Suparno.

Serta ada juga Pajak Air Permukaan (AP) sebesar Rp 2.4 miliar  dari total target dibebankan sebesar Rp 4.6 miliar. “Sehingga sampai bulan Oktober ini realisasi penerimaan sebesar Rp 8.388.811.374 atau 61 persen dari keseluruh target Rp 13.7 miliar,” tutup Suparno. (320)