Ratusan Rumah Terendam

Bakti/Bengkulu Ekspress BANJIR : Kepala Desa Sunda Kelapa serta anggota Polsek Pondok Kelapa saat meninjau rumah warga di Dusun II Kampung Tengah yang kebanjiran, Selasa (22/8).
Bakti/Bengkulu Ekspress BANJIR : Kepala Desa Sunda Kelapa serta anggota Polsek Pondok Kelapa saat meninjau rumah warga di Dusun II Kampung Tengah yang kebanjiran, Selasa (22/8).

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress – Hujan deras yang terjadi sejak Senin (21/8) malam membuat ratusan rumah warga di Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terendam banjir.

Rinciannya, 25 rumah berlokasi di Desa Sunda Kelapa, yakni 15 rumah di Dusun II Kampung Tengah dan 5 rumah di dusun I. Selanjutnya, ada sekitar 90 rumah juga terendam di Desa Sidodadi.
Selain rumah warga, sejumlah fasilitas umum di Desa Sidodadi terendam, seperi MA Al-Karim dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Kepala Desa (Kades) Sunda Kelapa, Karya membenarkan peristiwa tersebut.

Menurut Kades, luapan air sudah terjadi sejak sekitar pukul 05.00 WIB, Selasa (22/8) kemarin.

“Akibat hujan deras yang terjadi sejak Senin malam, air sungai meluap dan membanjiri puluhan rumah warga di desa kami,” ungkap Karya.

Dikatakan Kades, bencana banjir seperti ini memang sering terjadi saat musim penghujan di Kabupaten Benteng. Betapa tidak, aliran sungai yang berasal dari Desa Sidorejo dan Desa Abu Sakim Kecamatan Pondok Kelapa semuanya mengalir ke muara yang berlokasi di Desa Sunda Kelapa.

“Salah satu penyebab terjadinya luapan air dikarenakan gorong-gorong menuju muara terlalu kecil. Akibatnya, aliran air menuju muara tak berjalan lancar dan terpaksa berbalik menggenani pemukiman warga. Saya harap, pemerintah daerah melalui instansi terkait bisa memperbesar gorong-gorong itu,” pinta Kades.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan, lanjut Kades, pihaknya belum bisa mengungkapkan besarnya kerugian materil yang ditimbulkan akibat genangan air ke rumah warga tersebut.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Bahkan, untuk kerugian materil pun belum diperhitungkan,” pungkas Kades.(135)