Ratusan Kontingen Olahraga Tradisional Dijamu di Gedung Daerah

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Ratusan kontingen Olahraga Tradisional Tingkat Nasional sudah tiba di Bengkulu. Mereka yang berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia disambut dengan jamuan welcome party di Gedung Daerah Rumah Dinas Gubernur Bengkulu pada Senin malam, (10/10/2017).

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menjamu para kontingen dengan makan malam bersama.

Dalam sambutannya, Rohidin Mersyah merasa bangga Bengkulu bisa menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Tradisional ke V. Dari 11 cabang permainan tradisional nasional, hanya 4 cabang permainan tradisonal yang akan dipertandingkan, diantaranya yakni permainan hadang, simpitan, enggrang dan trompah panjang.

Rohindin Mersyah tidak memberi target kepada kontingen Provinsi Bengkulu yang akan bertanding. Rohidin hanya berpesan agar seluruh peserta dapat menampilkan penampilan terbaik, kompak dan membangun suasana hiburan sehingga tercipta rasa persaudaraan seluruh nusantara.

“Menang dan kalah tidak menjadi persoalan, yang penting kalian bermain dengan sportif. Bangun suasana hiburan sehingga masyarakat pun ikut terhibur dan rasa kebersamaan tercipta” kata Rohidin Mersyah.

Sementara itu dalam sambutanya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI  yang di wakili oleh sekretaris Deputi 3 Menpora Bambang Laksono mengatakan Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional ini mempunyai misi mengembangkan dan melestarikan permainan rakyat. Sehingga tidak menutup kemungkinan permainan tradisional ini bisa menjadi olahraga prestasi seperti halnya sepak takraw dan pencak silat.

“Banyak permainan tradisional seperti sepak takraw dan pencak silat yang kini telah menjadi olahraga prestasi. Inilah yang kita harapkan untuk permainan tradisional lainya” ungkap Bambang Laksono.

Bambang Laksono juga menambahkan, dalam even tiga tahunan ini juga dijadikan sebagai sarana penyempurnaan aturan dalam permainan tradisional sebelum ditingkatkan menjadi olahraga prestasi.

“Aturan dalam permainan tradisional ini belum baku, para peserta diharapkan dapat memberi masukan sehingga aturan dalam permainan ini dapat lebih baik sebelum ditingkatkan menjadi olahraga prestasi” tambah Bambang.

Setelah makan malam, para kontingen juga tampak larut dalam kegembiraan dengan hiburan nyanyian dari perwakilan masing masing kontingen. (Dil/ ADV Humas Pemprov Bengkulu))

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*