Raskin Mukomuko Belum MoU

BULOG (1)
BENGKULU, BE – Rencana penyaluran beras untuk masyarakat miskin (Raskin) ke Kabupaten Mukomuko, tampaknya masih belum bisa berjalan. Pasalnya kesepakatan pemahaman Memorandum of Understanding (MoU) antara Kabupaten Mukomuko dan Perum Bulog Drive Bengkulu belum ditanda tangani.  Kepala Perum Bulog Drive Bengkulu, Imran Rasidi Abdullah mengatakan bahwa pendatangan MoU tersebut tinggal menunggu pemerintahan baru penjabat Bupati Mukomuko dilatik.  Sehingga Perum Bulog Drive Bengkulu bisa langsung melakukan penyaluran Raskin di kabupaten tersebut.
“Mudah-mudahan minggu depan setelah ditandatangani, akan langsung disalurkan,” ujar Imran kepada BE, kemarin.
Imran menjelaskan bahwa saat ini untuk segala teknis dan persiapan telah selesai dilakukan untuk penyaluran. Salah satunya, ialah persiapan gudang penampung beras di Kabupaten Mukomuko. Dimana Kabupaten Mukomuko telah memberikan dukungannya dengan menyediakan gudang yang dapat menampung beras sekitar 200 ton beras.
“Kita harapkan gudang ini dapat dilaunchingkan dengan Bupati yang baru, sekaligus dalam perayaan HUT Kabupaten Mukomuko pada Bulan Maret mendatang,” ungkapnya.
Sementara untuk penyaluran sendiri, Perum Bulog Drive Bengkulu merencanakan akan melakukan penyaluran kepada 8383 Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 1058 ton Raskin di Mukomuko. Data kebutuhan tersebut diambil dari Kementrian Sosial RI untuk kebutuhan Raskin di Mukomuko.
“Data yang diambil dari Kementrian Sosial RI pada tahun 2015. Namun demikian data tersebut masih dapat berubah, sesuai dengan kebutuhan Raskin di Mukomuko,” tambah Imran.
Disisi lain, Perum Bulog Drive Bengkulu juga telah menyalurkan Raskin di dua kabuapatn, yaitu Bengkulu Utara sebanyak 134 ton Raskin dan Bengkulu Selatan sebanyak 22 ton Raskin. Sedangkan untuk Kabupaten Kaur dan Seluma saat ini telah mengeluarkan Surat Perintah Membayar (SPM).
“Untuk Benteng, Rejang Lebong, Mukomuko, Kepahiang dan Lebong mudah-mudahan dapat menyusul dalam mengeluarkan SPM nya. Sehingga dapat dilakukan peyaluran Raskin di masing-masing kabupaten,” tuturnya.
Perum Bulog Drive Bengkulu mengharapkan dengan adanya penyaluran Raskin ditengah-tengah masyarakat dapat menekan inflasi yang tengah terjadi di Provinsi Bengkulu. Sehingga harga beras dapat dikendalaikan dipasaran Bengkulu.
“Kita berharap, penyaluran kita dapat berjalan dengan baik. Sehingga dapat menerkan inflasi yang tengah berjalan,” pungkas Imran. (151)