Raperda APBD 2018 Dibanjiri Catatan

catatanKEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Seluruh fraksi di DPRD Kepahiang menyetujui untuk melanjutkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD 2018. Tetapi lima fraksi membanjiri berbagai catatan khusus bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang agar dapat dibenahi dalam menjalankan pembangunan ditahun depan. Sehingga pelaksanaan program dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Kritikan pedas disampaikan juru bicara Fraksi PKPI, Hj Ice Rakiza Syafrie MKes dalam rapat paripurna, Selasa (14/11). Catatan penting yang harus dilakukan dalam roda pemerintahan di tahun 2018 agar bisa menuntaskan permasalah sampah serta pekerjaan rumah (PR) yang masih membebani daerah.

“Oleh sebab itu Bupati dalam hal ini harus bertindak tegas dan mengambil sikap yang konkrit. Jangan sampai permasalahan sampah terus menjadi beban. Dalam hal ini perlu ada penambahan TPS di setiap penjuru, kemudian tenaga kontrak kebersihan perlu ditambah dan juga diberikan kesejahreraan,” tegas Ice.

Politisi yang juga istri mantan Bupati sebelumnya ini menuturkan, Kabupaten Kepahiang perlu mengambil sikap jelas atau tindakan nyata dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kembangkan sektor pariwisata dengan langkah yang serius dalam meraup PAD bagi Kabupaten Kepahaing, kemudian dari sektor perikanan perlu memperbanyak kegiatan yang menyentukh masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian warga,” tuturnya.

Lalu, fraksi Golkar dan Nasdem menyoroti kecilnya semangat kerja jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga menyebabkan rendahnya serapan anggaran dijajaran Pemkab Kepahiang yang tentunya sangat merugikan daerah. “Eksekutif harus bersikap agar peran OPD dalat berjalan maksimal, setiap OPD juga perlu dilakukan evaluasi hasi PAD bagi Kabupaten Kepahiang, agar nantinya dapat memberikan kontribusi maksimal PAD daerah,” ujarnya.

Dibagian lain, Fraksi Gerindra, yang disampaikan oleh Eko Guntoro, menyebutkan, anggaran yang dimiliki oleh Kabupaten Kepahiang harus di realisasikan maksimal sebagaimana tujuan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang.
“Skala prioritas pembangunan perlu dikuatkan, dalam mewujudkan kepahiang maju, mandiri, sejahtera.Selain itu dengan langkah nyata perlilu dilakukan dalam upaya menajawab permasalah dalam kesejahteraan, peningkatan SDM, infrasrurktur, pembanguann jalan maupun jemabatan, dan peningkatanmutu pendidikan,” ujarnya.

Kemudian, dari Fraksi Kebangkitan Pembangunan Demokrasi yang diaampaiakan oleh, Edwar Samsi Sip. menyampaikan harapan dalam kesejahteraan bagi honor di setiap desa dan kecamatan. “Kami berharap dengan kenaiakn TPP bagi ASN agar dimbangi dengan gaji perangkat di lingkup kecamatan baik dari perangkat agama, khotib, gharim, pendidik agama dan lainnya,” ujar Edwar. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*