Puskesmas Tanpa Dokter

puskesmas

TANJUNG KEMUNING, BE – Layanan kesehatan masyarakat sepenuhnya masih belum prima. Tak lain karena sebaran dokter belum merata. Bahkan, masih ada Puskesmas yang beroperasi tanpa ada dokter sama sekali. Seperti terjadi di Puskesmas Beriang Tinggi Kecamatan Tanjung Kemuning. Di Puskesmas ini, tidak ada dokter, baik itu, dokter umum apalagi dokter spesialis.

“Sudah lama Puskemas Beriang Tinggi itu tidak ada dokternya, padahal ini sangat kita sayangkan, jika tidak memiliki dokter,” kata Kepala Desa Tanjung Kemuning I, Widiharto, kemarin (2/11).

Menurut Kades, kondisi Puskesmas yang tidak memiliki dokter ini sudah cukup lama atau paling tidak sudah sekitar enam bulan. Selain itu, sudah banyak pula masyarakat di sekitar mengeluhkan kondisi tersebut. Akan tetapi, belum ada tanggapan dari pihak Dinkes sebagai leading sektor yang menangani persoalan kesehatan masyarakat tersebut.

“Kita minta kepada dinas terkait agar Puskesmas Beriang Tinggi itu ada dokternya, karena ini menyangkut pelayan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur Drs M Tabri mengakui jika di Puskesmas Beriang Tinggi ini tidak memiliki dokter. Bahkan, tenaga medis, seperti perawat dan bidan saja masih sangat minim. Hal itu, dikarenakan dengan kondisi Kaur saat ini masih sangat minim untuk tenaga kesehatan, terutama tenaga dokter

“Puskesmas itu tidak ada dokternya, karena jumlah dokter kita ini masih kurang, dan mudah-mudahan tahun 2017 nanti kekurangan dokter ini dapat diatasi,” harapnya.(618)