Pusat Kucurkan Rp 1 Triliun, Bangun Nasional di Bengkulu

 jalan-01
BENGKULU, BE – Pemerintah Pusat benar-benar mengabulkan permintaan Provinsi Bengkulu untuk pembangunan infrastruktur jalan. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Pusat melalui Balai Jalan Kementerian Pekerjaan Umum (PU), mengucurkan anggaran sekitar Rp 1 triliun, untuk pembangunan jalan nasional di Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Dr Drs H Ridwan Mukti MH, mengatakan anggaran tersebut nantinya akan diprioritaskan jalan nasional, dari ujung Kabupaten Kaur hingga ke ujung Kabupaten Mukomuko. “Kita prioritaskan untuk jalan dari pesisir barat, dari Lampung hingga ke Sumatera Barat,” terang Dr H Ridwan Mukti MH kepada BE, kemarin (8/11).

Alasan gubernur, prioritas jalan di pesisir barat sangat penting untuk dilakukan, karena jika hal tersebut nantinya mampu direalisasikan, secara tidak langsung akses lintas Sumatera akan terbuka secara lebar. “Aksis pesisir barat akan terbuka lebar, tentu ini berdampak dalam percepatan ekonomi Bengkulu,” tambahnya.

Pelaksanaan pembangunan jalan pesisir barat ini, ditargetkan akan dimulai pada tahun 2017 mendatang. Tak hanya perbaikan jalan, pelebaran jalan nasional hingga pembangunan siring, juga akan dilakukan.

“Mudah-mudahan akan cepat direalisasikan,” tegas RM.

Tak hanya wilayah pesisir barat, anggaran Rp 1 triliun tersebut juga akan diperuntukan dalam pembangunan jalan nasional di wilayah tengah. Jalan ini menghubungkan antara Bengkulu sampai ke Sumatera Selatan (Sumsel). Dengan demikian, anggaran jalan nasional ini nantinya akan membantu percepatan akses transportasi di Provinsi Bengkulu. “Ketika akses transportasi berjalan baik, maka secara tidak langsung pertumbuhan ekonomi untuk Bengkulu juga akan ikut baik,” ujar mantan Bupati Musirawas ini.(151)