Puluhan Tahun Jalan Rusak, RM Datangi Desa Terisolir

 

Seluma RM
IST/BE Ridwan Mukti, Rohidin Mersyah, Murman Efendi, Iskandar Dayok Saat gelar kampaye Monologis di Desa Renah Gajah Mati, Semidang Alas Seluma, Sabtu (17/10).

Jembatan Papan sebagai Penghubung Antar Desa

BENGKULU, BE – Banyaknya jalan-jalan rusak dan desa-desa terisolir di Provinsi Bengkulu, membuat pasangan calon Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah, membuktikan langsung atas kebenaran kondisi infrastruktur masyarakat tersebut. Benar saja setelah terhitung hampir dua bulan melakukan blusukan dan kampanye monologis, pasang calon Gubernur Bengkulu nomor urut 1 ini banyak menemukan kondisi infrastruktur tersebut dalam keadaan memperhatinkan. Salah satunya yang masih hangat dalam fikiran pasangan calon ini, ketika melakukan perjalanan menuju lokasi kampanye monologis di Desa Renah Gajah Mati Kecamatan Semidang Alas atau Ulu Alas Kabupaten Seluma dan di Desa Argo Pinangun Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma.

Dari pantauan BE di lapangan, jarak tempuh yang dilakukan lebih dari dua jam menggunakan kendaraan dobel kabin tersebut, sudah lebih dari 20 tahun tidak diperbaiki. Batu jalan dan bekas aspal rusak pun, menjadi tantangan menarik bagi mobil dubel kabin yang dikendarai pasangan calon Gubenur Bengkulu, Ridwan Mukti – Rohidin Mersyah ini. Bukan hanya jalan yang rusak parah, jembatan yang lebih dari 10 jembatan juga tak layak dilalui. Pasalnya jembatan yang terbuat dari kayu bulat dan papan ini, sering membuat kendaraan terhenti dan berhati-hati saat melalui jembatan tersebut.

Salah satu warga Desa Argo Pinangun Kecamatan Ulu Talo, Yayok (37) menjelaskan jalan yang dibangun oleh Pemerintahan Kabupaten Seluma tersebut menjadi akses masyarakat untuk menuju pusat kabupaten serta untuk membawa hasil pertaniannya demi menghidupi keluarga dan anak sekolah.

“Jalan yang ditempuh dari Simpang Ulu Talo menuju Desa Argo Pinangun, memang kondisinya sangat memperhatinkan. Bisa dirasakan sendiri bagamana keadaannya, kondisi ini sudah kami alami bertahun-tahun. Padahal jalan ini lah, satu-satunya akses untuk membawa hasil pertanian kami,” ujar Yayak kepada BE disela-sela kampanye Monologis di lapangan Desa Argo Pinangun, kemarin (18/10).

Senada yang disampikan oleh Rois (50) warga Desa Renah Gajah Mati Kecamatan Semidang Alas ini. Ia mengungkapkan jalan yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Seluma sejak lebih dari 23 lalu belum ada sama sekali diperbaiki. Padahal masyarakat yang berada lebih dari 5 desa tersebut sangat mengharapkan jalan tersebut dapat diperbaik. Oleh karena itu, warga tersebut meminta dengan adanya calon Gubernur Bengkulu nomor urut satu yang datang langsung kedesa-desa tersebut untuk dapat membantu perbaikan jalan tersebut.

“Kami mengharapkan jalan ini dapat diperbaiki, sehingga akses jalan kami menjadi mudah. Apalagi memang pak Ridwan Mukti ini banyak berpengalaman membangun jalan di Kabupaten Musi Rawas ketika ia memimpin. Artinya beliau bakal mampu untuk mewujudkan cita-cita kami ini. Olah karena itu atas keyakinan ini, kami warga disini bakal akan siap untuk mendukung Pak Ridwan Mukti dan Rohidin Mersya untuk memimpin Provinsi Bengkulu, 5 tahun mendatang,” terang Rois.

Atas aspirasi tersebut, Ridwan Mukti yang didamping calon wakil Gubenur Bengkulu, Rohidin Mersya siap untuk mewujudkan impian yang selama ini diharapkan masyarakat tersebut. Karena jalan yang baik akan mempu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Atas dasar keyakinan dan pengalaman yang telah saya lakukan selama ini dalam memimpin, saya bersama-sama dengan pemerintah daerah bakal siap untuk berusaha mewujudkan harapan masyarakat tersebut. Karena itu sudah menjadi tangung jawab pemerintah, bila bupatinya nanti tidak mempu. Maka Gubernurnya akan terjun langsung melakukan perbaikan insfrastruktur dasar tersebut, karena itu sudah menjadi tanggung jawab wajib bagi gubernurnya. Sehingga tidak ada lagi desa-desa terisolis di Provinsi Bengkulu, terlebih semua harapan masyarakat sudah masuk dalam visi misi kami, untuk membangun Bengkulu ketika terpilih dalam Pilkada 9 Desember mendatang,” tegas Ridwan Mukti yang sering disapa RM ini.

Terlihat dalam kampanye monologis dan pertemua bersama warga yang dilakukan 2 hari di Kabupaten Selua tersebut, mantan Bupati Seluma, Murman Efandi yang juga sekaligus sebagai Wakil Ketua tim Kemenangan Keluarga Provinsi Bengkulu ini hadir mendampingi pasangan calon Gubernur Bengkulu tersebut. Terlebih juga mantan Bupati Bengkulu Selatan; Iskandar Dayok, tokoh masyarakat Semidang Alas Maras; H Nusirwan atau Dang Wok beserta bersama tim kemenangan keluarga dan 8 partai pendukung dan pengusung juga turut hadir mendapingi pasangan calon nomor urut satu tersebut. (151)