Puluhan Rumdin Tak Ditempati

a-rumah-dinas-bupati-seluma-siap-ditempati-3-small
Jefryy/Bengkulu Ekspress –  Rumah Dinas Bupati Seluma siap ditempati.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 73 unit rumah dinas (rumdin) milik Pemerintah Kabupaten Seluma yang diperuntukkan bagi para pejabat Seluma banyak tidak ditempati. Termasuk rumah dinas pimpinan dewan. Ketiga pimpinan dewan ketua dewan Husni Thamrin dan Wakil Ketua Ulil Umidi serta Okti Fitriani pun juga tidak menempati rumah dinas mereka.

Ketika dikonfirmasi mengenai sikapnya yang terkesan membiarkan aset daerah terbengkalai. Dengan tidak menempati rumdin yang diperuntukan baginya. Ketua DPRD Husni Thamrin  mengutarakan niatnya mau menempati rumah dinas pimpinan dewan itu. Hanya saja, terlebih dahulu harus direhab. Mengingat saat ini masih ditemukan sejumlah kerusakan di rumdin itu.Termasuk perabotannya juga belum tersedia.

”Bagaimana menempatinya jika fasilitas di rumah dinas tersebut belum tersedia. Saya mau menempati rumah dinas namun harus diperbaiki dan dilengkapi terlebih dahulu perabotannya,” ujar Ketua DPRD Seluma kepada Bengkulu Ekspress kemarin (15/11).

Ketua DPRD menghendaki bagian sekretariat DPRD Seluma bisa mengusulkan perbaikan dan pengsian perabotan rumdin tersebut. Sehingga unsur pimpinan dewan bisa menempati rumah dinas yang ada, serta bisa mengimbangi Bupati Seluma yang telah menempati rumah dinas dalam waktu dekat ini.

“Walau tidak setiap hari menempatinya setidaknya kita bisa bermalam di Seluma agar warga seluma bisa bertandang,” imbuhnya.

Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH menegaskan, dalam waktu dekat ia menempati rumah dinas (rumdin) baru di Ampar Gading yang baru selesai dibangun. Jika tak ada halangan Jum’at (17/11) Bupati Seluma mulai menempati rumah baru tersebut. Didahului dengan menggelar yasinan dan doa bersama.

Terkait banyaknya rumdin yang tidak ditempati pejabat, bupati menyampaikan telah beberapa kali mengajak dan memerintahkan pejabat menempati rumah dinas yang telah ada.

“Biar mereka malu sendiri jika tidak menempati rumah dinas yang ada. Saya akan tinggal di rumah dinas baru. Mudah-mudahan ini akan menjadi contoh yang baik bagi pejabat lainnya,” ucap bupati.

Bukan hanya rumdin pimpinan dewan saja yang tidak ditempati, namun rumah dinas bagi kepala dinas juga banyak yang tidak ditempati. Dibiarkan kosong melompong. Bahkan ada rumah dinas yang halamannya sudah tidak terlihat lagi karena sudah ditumbuhi rumput ilalang.

Dari data yang berhasil di himpun Bengkulu Ekspress rumdin milik Pemkab Seluma berjumlah sekitar 74 unit. Rumdin yang dibangun sejak 2008 itu terdiri dari 20 unit untuk Golongan II diperuntukan bagi kepala dinas, sebanyak 14 unit dan 39 unit rumdin untuk golongan III setara kepala bagian.

“Saya berkeyakinan rumah dinas yang ada akan ditempati sesuai peruntukannya dalam waktu dekat ini,” sampainya.

Kepala Bagiab Umum dan Perlengkapan Sekretariat Pemda Seluma Arian Sosial SP MSi melalui Kasubag perlengkapan Erwin Alfarid, membenarkan masih banyaknya rumah dinas yang beum ditempati tersebut. Untuk sementara ini rumdin yang ada sudah di serahkan ke SKPD masing-masing. Sehingga masing-masing SKPD memiliki tanggung jawab memelihara rumdin itu. Termasuk melakukan perbaikan dan merehab sejumlah kerusakan jika memang ada. SKPD tersebut bisa mengusulkan anggaran melalui SKPD-nya masing masing.

“Seluruh rumah dinas sudah kita serah terimakan ke masing-masing SKPD untuk menempati dan perawatannya sehingga rumah dinas tersebut merupakan aset SKPD,” ujarnya. (333)