Puluhan Rumah Terendam

Ary, banjir

CURUP, BE – Hujan deras yang melanda Kota Curup Jumat (9/10) sore langsung memberikan membanjiri puluhan rumah yang ada di jalan AK Gani Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup. Banjir tersebut diduga karena tersumbatnya aliran drainase dikawasan tersebut. Menurut Ketua RT 1/2 Kelurahan Jalan Baru, Lilik fenomena meluapnya aliran drainase karena tersumbat sampah bukan hal yang baru. Melainkan sudah lama dan selalu terjadi saat hujan turun.

“Memang setiap hujan selalu seperti ini, air dari dalam siring meluap karena banyak ditutupi sampah,” jelas Lilik.
Tak ayal, akibat hujan yang turun sekitar pukul 15. 00 WIB kemarin dan berlangsung lebih dari satu jam puluhan rumah dikawasan tersebut terendam banjir. Meskipun ia belum bisa memastikan jumlah kerugian yang dialami warganya, namun Lilik memprediksi kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

“Kalo totalnya kita belum pasti, namun karena banyak barang warga yang terendam kerugian bisa mencapai puluhan juta rupiah,” tambah Lilik.
Dengan melihat kondisi yang dialami warga dikawasan tersebut, Lilik berharap pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui dinas terkait dengan melakukan tindakan agar air dari dalam drainase tidak meluap lagi. Terlebih lagi menurutnya dalam waktu dekat ini Rejang Lebong akan memasuki musim hujan.

“Kita juga selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam saluran air, karena yang akan terkena dampaknya adalah kita sendiri, yaitu banjir yang seperti kita rasakan saat ini,” jelas Lilik. (251)