Puluhan Lansia Dibina

MERIGI KELINDANG, Bengkulu Ekspress -Membantu meningkatkan kesejahteraan para lanjut usia (Lansia), Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans)  Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Benteng melakukan pembinaan kepada para Lansia di Kecamatan Merigi Kelindang.

“Pembinaan lansia ini diarahkan agar mereka tetap dapat diberdayakan dalam masyarakat sehingga berperan dalam kegiatan pembangunan dengan memperhatikan pengetahuan, keahlian, keterampilan, pengalaman, usia dan kondisi fisiknya. Dengan dimikian diharapkan taraf kesejahteraan sosial mereka,”  jelas Kepala Dinsosnakertrans Benteng Hasan Basri SSos melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (Rebsos) , Hj Muznaini SH, kemarin (15/11).

Dijelaskan Muznaini, peningkatan kesejahteraan sosial bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif demi terwujudnya kemandirian dan kesejahteraannya. Sebab itulah, diperlukan dukungan dan kepedulian dari masyarakat.

Bahkan, dalam undang-undang nomor 13 tahun 1998 diatur jelas tentang kesejahteraan lansia serta lansia dilindungi oleh negara.

“Lansia juga memiliki hak sama seperti masyarakat yang lainnya yang hidup disatu lingkungan,” tambahnya.

Seperti halnya warga usia produktif, berbagai hak setara juga dimiliki oleh Lansia. Diantaranya adalah hak untuk mendapatkan pelayanan keagamaan dan mental spiritual, hak kesehatan, kesempatan kerja, pendidikan dan pelatihan.

Kemudian, kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana, kemudahan dalam layanan dan bantuan hukum, perlindungan sosial serta bantuan sosial. “Kegiatan ini akan terus dilakukan dan tentunya tak lain demi untuk meningkatkan kesejahteraan lansia yang ada di Kabupaten Benteng,” tandas Muznaini.(135)