Puluhan Atlet Tenis Rebut Piala Dirjen MA

TURNAMEN TENIS: Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan turnamen tenis lapangan piala bergilir Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI 2018 di lapangan tenis indor Pemprov Bengkulu, Jumat (12/1).
TURNAMEN TENIS: Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan turnamen tenis lapangan piala bergilir Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI 2018 di lapangan tenis indor Pemprov Bengkulu, Jumat (12/1).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Untuk pertama kalinya, Provinsi Bengkulu menjadi lokasi event pertandingan tenis piala Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum (Badilum) Makamah Angung (MA). Dalam turnamen ini, 40 klub tenis dengan puluhan atlet siap merebut piala Dirjen Badilum MA RI. Saat membuka turnaman ini, Dirjen Badilum MA RI, Dr. H. Herri Swantoro, S.H, M.H, mengatakan, turnamen tenis ini dilakukan, untuk menggali potensi atlet tenis di berbagai daerah, termasuk di Bengkulu.

“Bibit-bibit atlet tenis ini harus dimunculkan dengan berbagai cara, termasuk dengan menggelar turnaman,” terang Herri dalam sambutan pembukaan turnamen tenis piala Dirjen Badilum MA RI di Gedung Olahraga Tenis Pemprov Bengkulu, kemarin (12/1).

Ditegaskannya, agar atlet tenis ini dapat muncul, maka turnamen tidak hanya dilakukan sesekali saja, tapi harus sering diselenggarakan, baik itu dari instansi pemerintah, swasta maupun instansi vertikal lainnya. Herri juga menegaskan, ketika turnaman tenis ini sukses digelar di Bengkulu, maka turnamen ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

“Jadi kegiatan ini harus terus berlangsung,” tambahnya.

Herri menambahkan, bagi atlet yang sedang berlaga, dari tanggal 12 Januari sampai 14 Januari itu dapat bermain secara maksimal. Latihan yang telah dilakukan selama ini harus benar-benar dapat dibuktikan dengan cara melakukan permainan yang baik. Sehingga dari jering payah latihan itu akan memberikan hasil yang memuaskan.

“Selamat bertanding dan tetap semangat. Jadilah atlet yang bisa membanggakan Bengkulu,” tutur Herry.

Di sisi lain, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (PN Jakpus), Dr. Yanto, S.H, M.H, saat dikonfrimasi Bengkulu Ekspress, mengatakan upaya turnamen yang dilakukan oleh Dirjen Badilum MA RI sangat baik sekali. Jadi Badilum itu tidak hanya memutus perkara saja, tapi juga memiliki partisipasi besar terhadap negara untuk memajukan olahraga tenis di Indonesia.

“Partisipasi terhadap olahraga juga terus digencarkan. Apalagi dalam turnamen itu para pemenang akan mendapatkan penghargaan dari Badilum,” ujar Yanto.

Kegiatan turnamen tenis untuk Bengkulu sendiri ditarget akan dilakukan setiap tahun. Apalagi Bengkulu telah memiliki fasilitas lengkap untuk turnamen tenis. Sehingga potensi tersebut, juga memberikan peluang untuk Bengkulu menjadi tuan rumah ternaman tenis se-Sumatera.

“Ini bagus kalau Bengkulu bisa. Kita akan dukung terus. Karena memang event ini nanti akan terus dilakukan setiap tahun di Bengkulu,” tegasnya.

Pembukaan turnamen itu dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA, Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, H. Wahjono, S.H, M.Hum, Danrem 041/Gamas Bengkulu, Kolonel Infantri Irnando Arnold B Sinaga, Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Dr. H. Ahmad Dasan, S.H, M.A, Rektor Universitas Dehasen Bengkulu, Prof. Dr. agr. Ir. Johan Setianto, dan semua Ketua Pengadilan di lingkungan Bengkulu. Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, turnamen yang digelar sangat positif sekali. Karena dengan turnamen tenis ini maka akan terlihat bibit-bibit atlet tenis untuk terus dikembangkan sebagai atlet yang akan membanggakan Bengkulu.

“Saya kita acara ini sangat istimewa, bagaimana altet-atlet tenis kita bisa tampil untuk menunjukan keahliannya,” paparnya.

Menurut Rohidin, turnamen tenis ini memang bisa menjadi ajang rutin digelar. Sebab turnaman akan menjadi ajang memecing potensi yang telah dilatih selama ini. Karena jika selama ini terus berlatih tanpa ada turnaman yang jelas, maka hasil latihaan juga akan berakhir dengan sia-sia.

“Siapapun pemenangnya harus terus berlatih. Yang belum menang masih ada event lainnya, jadi harus tetap semangat. Jadi selamat bertanding,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Pengda Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) Provinsi Bengkulu, Drs. H. Agus Salim Jamil menjelaskan, atlet yang akan bertanding itu rata-rata dari Provinsi Bengkulu. Dari 40 club itu, 20 club dari Bengkulu dan 20 club lagi dari pulau Jawa. Tidak hanya itu, ada juga 30 orang pasang ibu-ibu yang mengikuti turnamen tenis tersebut.

“Ada dari Bengkulu dan luar Bengkulu,” jelas Agus.

Dari permintaan Dirjen Badilum MA RI atas digelarnya piala bergilir Dirjen setiap tahunnya, Bengkulu menyambut dengan semangat. Dengan demikian, penggalian potensi altet tenis akan lebih intensif. Tidak hanya itu, kedepan zona turnaman juga akan dibagi. Untuk Pulau Sumatera, akan dipusuatkan di Palembang maupun di Bengkulu. Sehingga ketika ada turnamen nasional. maka atlet berzona tersebut dapat diikutkan.

“Kedepan untuk memajukan prestasi atlet tenis, kita lakukan perzona. Jadi bisa lebih intensif,” pungkasnya.

Tidak hanya membuka turnamen tenis, Dirjen Badilum MA RI, Dr. H. Herri Swantoro, S.H, M.H juga berkesempatan untuk meresmikan lapangan tenis yang ada di belakang kantor PT. Bengkulu. Lapangan tenis ini nantinya dapat digunakan untuk semua orang, termasuk untuk event juga sudah siap digunakan. (151)