PS Bengkulu Incar Firman Utina

BengkuluBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Setelah menggaet mantan pemain tim nasional (Timnas) Indonesia, Maman Suryaman sebagai pelatih utama, gelandang senior Firman Utina juga dikabarkan bakal gabung ke PS Bengkulu. Keseriusan Firman Utina untuk melirik Tim Tobo Kito yang dinaungi oleh PT Sepakbola Rafflesia Bengkulu ini, dengan rencana kedatangannya hari ini (1/4/2017) ke Bengkulu. Gelandang senior yang masih memperkuat Bhayangkara FC ini, datang ke Bengkulu sekaligus memeriahkan seleksi pemain lokal untuk bergabung di PS Bengkulu dalam persiapan kompetisi Liga 2 PT Liga Indonesia 2017 pada 18 April mendatang.

“Besok (hari ini,red) Firman Utina ke Bengkulu. Jadi kedatanganya ini untuk membantu PS Bengkulu sekaligus menambah animo masyarakat bahwa dia (Firman,red) sudah menjadi roh PS Bengkulu,” terang Manager PS Bengkulu, Akhmad Mazoola kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (31/3/2017).

Dikatakanya, gabungnya Firman Utina ini akan dilakukan pada leg ke-2 pada Liga 2 PT Liga Indonesia atau divisi utama. Hal ini juga nantinya akan dilihat dari regulasi umur Firmana Utina yang saat ini masuk pada usia 35 tahun.

Ketika nantinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan rekomendasi, maka Firman Utina akan menjadi salah satu pemain senior untuk memperkuat PS Bengkulu di kancah persepakbolaan nasional.

“Kedatangan Firman Utina ini juga sebagai bentuk keseriusannya kepada Pemprov Bengkulu untuk bergabung di PS Bengkulu. Jika memang bergabung nantinya akan dilakukan pada leg ke-dua,” ujar Mazoola.

Dalam menggaet pemain senior, PS Bengkulu menargetkan sekitar 3 orang. Pemain senior ini bisa diambil dari pemain nasional, juga bisa diambil dari pemain putra daerah itu sendiri. Namun Firman Utina yang masih menjadi incaran pertama.

“Responnya sudah positif untuk bergabung di PS Bengkulu, tinggal lagi dari pelaksanaannya,” tagas Zola.

Kedatangn Firman Utina ke Bengkulu sendiri nantinya akan langsung menuju Stadion Semarak Bengkulu. Dijadwalkan, Firman akan ikut bermain dalam seleksi pemain lokal untuk bergabung ke PS Bengkulu.

“Silakan masyarakat yang ingin hadir ke stadion untuk menyaksikan permainan Firman Utina,” ajaknya.

Incar 10 Pemain Nasional
Sementara itu, Pelatih PS Bengkulu, Maman Suryaman mengatakan, saat ini dirinya tengah mengejar 10 orang pemain nasional, termasuk Firman Utina. Nantinya dari 10 orang tersebut akan dipetakan, mana yang akan siap dan bersedia bergabung di PS Bengkulu.

“Ada sekitar 10 orang pemain nasional yang sedang kita petakan. Jikapun nantinya Firman Utina gabung di PS Bengkulu maka akan bergabung di leg kedua,” ujar Maman.

Sejauh ini, 10 orang pemain nasional itu belum dibeberkan sencara rinci. Namun pemain yang menjadi icon dalam klub menjadi penting. Sehingga mampu memperkuat PS Bengkulu dalam setiap ajang pertandingan.

Maman juga menjelaskan, kedatangan Firman sendiri tidak hanya bermain, Firman nantinya juga diminta untuk ikut turut menyeleksi pemain-pemain Bengkulu.
“Kita undang Firman untuk datang, agar semua semangat. Nanti terserah Firman mau ikut menyeleksi ataupun hanya ikut main saja,” terangnya.

Ambil 6 Pemain
Dari sisi seleksi pemain putra daerah untuk PS Bengkulu yang telah berjalan dua hari sejak tanggal 30 Maret dan akan ditutup pada hari ini (1/4/2017), animonya cukup tinggi. Terbukti sudah dari seleksi pertama hanya 18 orang yang mendaftar seleksi, pada hari kedua kemarin (31/3) sebanyak 33 putra daerah ikut dalam seleksi menuju kompetisi Liga 2 PT Liga Indonesia 2017. Belum lagi ditambah pada hari terakhir, animoa diprediksi akan bertambah kembali. Meski cukup tinggi, Maman mengatakan ada sekitar 6 orang pemain lokal yang akan diambil untuk memperkuat PS Bengkulu.

“Ramainya peserta yang ikut seleksi memudahkan saya untuk menilai. Jadi bisa lebih banyak memberikan pertimbangan. Karena terget kita ada sekitar 6 orang yang akan kita ambil dari putra daerah,” terang Maman.

Maman juga masih belum puas atas permain-permain putra daerah, karena seleksi ini dilakukan untuk menuju liga profesional, bukan lagi pada tataran pembinaan. Sehingga seleksi harus dilakukan secara kehati-hatian.

“Sekarang ini bukan lagi berbicara usia tua atau muda, tapi memang lebih kepada pengalamannya dan siap sinergi bersama tim,” tuturnya.
Dalam seleksi pada hari kedua ini, 8 orang pemain lama PS Bengkulu juga ikut menjalani seleksi.

Mereka seperti Farel Ferdianto, Syawaludin, Kurnia Sandi, Alesandro Okto Beli, Bima Putra Irawan, Eko Nurwijianto, Rama Gunawan dan Ahmad Akti Senofian.

Maman mengatakan, pemain-pemain lama PS Bengkulu ini juga sudah menjadi perhatian serius. Jikapun layak, akan ikut bergabung, jika tidak maka kesempatan lain masih menjadi peluang besar untuk ikut berkompetisi.

“Mereka (pemain lama) masih kita soroti semua, bagaimana cara bermainnya. Ketika layak, akan menjadi pertimbangan,” ujar Maman.

Setelah mendapatkan 6 orang pemain Bengkulu, pemain tersebut nantinya akan diboyong ke Jakarta untuk bergabung dengan pemain dari Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang telah bergabung di PS Bengkulu, termasuk dengan pemain senior. Proses uji coba pemain akan dilakukan secara ketat, hingga akhirnya mendapatkan pemain inti dalam merebutkan piala Liga 2 PT Liga Indonesia 2017. “Setelah diuji coba, para pemain nantinya akan kita bawa ke Bengkulu dan bersiap untuk memulai kompetisi Liga 2,” pungkas Maman.(151)