Program Pembangunan Dimulai dari Desa

JefryyBE- Kondisi jalan lingkungan yang ditutup mantan kades yang kalah dalam pemilihan kepala desa selasa lalu (1)BENGKULU, BE – Jika selama ini pembahasan perencanaan pembangunan dimulai dari kabupaten/kota, namun mulai tahun ini pembahasan pembangunan dimulai dari desa untuk diaplikasi di 2017 mendatang. Pembahasan pembangunan dari tingkat desa atau kelurahan ini bertujuan agar pembangunan yang dijalankan benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat kalangan paling bawah, bukan hanya kepentingan kelompok atau segelintir orang saja. Hal tersebut ditegaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, Ir Sorjum Ahyan MT.

“Sesuai dengan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Perencanaan Pembangunan, untuk tahapannya sudah dimulai dari Musrembang tingkat desa hingga nasional. Itu untuk mengsingkronkan program daerah dengan Nawacita Presiden Ir Joko Widodo,” kata Sorjum.

Menurutnya, untuk pembahasan yang sekarang dilakukan ditingkat desa/kelurahan dilakukan melalui Musyawarah Desa (Musdes) atau musyawarah kelurahan, setelah selesai dilanjutkan  ke tingkat kecamatan dan diteruskan ke Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten/kota hingga ke provinsi dan berakhir di tingkat nasonal yang dilakukan paling lambat pada Maret hingga April 2016 ini.

“Dari pelaksanaan Musrenbang tersebut, pemerintah daerah akan menampung aspirasi masyarakat sesuai dengan kebutuhan untuk diprioritaskan,” terangnya.

Untuk prioritas program pembangunan daerah tahun ini, lanjutnya, masih berkaitan dengan infrastruktur dasar perbaikan jalan, irigasi, sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan dan itu masih isu yang lama sebelum disingkronkan dengan Nacita presiden.

“Isu utama prioritas pembangunan masih isu-isu lama yakni mengenai Infrastruktur dasar, jalan, kesehatan, pendidikan,” akunya.

Namun demikian, ia berharap dari perbaikan infrastruktur jalan tersebut mampu meningkatkan secara bertahap kesejahteraan masyarakat yang ada di Provinsi Bengkulu. “Pemerintah daerah selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat juga terus bersinergi, dan terkhusus pada tahun ini juga akan masuk usulan program prioritas dari gubernur dan wakil gubernur Bengkulu terpilih,” demikian Sorjum.(400)