Produksi Padi di Mukomuko Capai 86.973 Ton

PADI
ILUSTRASI

MUKOMUKO, BENGKULU EKSPRESS – Produksi padi di wilayah Kabupaten Mukomuko setiap tahun mengalami peningkatan. Hingga pertengahan Desember 2017, produksi padi telah mencapai 86.973 ton dari luas panen 16.286 hektar yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah tersebut. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan produksi maupun luas panen.

“Tahun lalu produksi 81.869 ton dengan luas panen 14.930 hektar,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (15/12). Peningkatan produksi padi juga dikarenakan petani yang lebih maksimal dalam penggelolaannya mulai dari penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan hingga di panen dengan baik.

Termasuk adanya pegawasan yang cukup maksimal dari tenaga penyuluh yang ada di daerah ini. Dari hasil produksi yang terus meningkat, kata Eddy, tanaman pangan khususnya padi di kabupaten Mukomuko setiap tahun mengalami surplus. Artinya dari hasil panen tersebut untuk kebutuhan masyarakat dalam daerah berlebih bahkan banyak produksi dari petani di jual keluar daerah. “Kalau sebelum – belumnya gabah banyak dibawa keluar daerah. Namun saat ini sudah berkurang. Karena petani di daerah ini setelah panen gabah tersebut di olah menjadi beras hingga dapat langsung dijual. Kita optimis kabupaten Mukomuko produksinya semakin meningkat baik itu padi sawah maupun padi ladang,” demikian Eddy. (900)