Prioritaskan Fisik Desa

Tahun lalu DD Lawang Agung mencapai Rp 790 juta, ditambah lagi dengan ADD dari APBD Seluma. Pada 2018 DD Lawang Agung diprediksi hanya mencapai Rp 600 juta
Tahun lalu DD Lawang Agung mencapai Rp 790 juta, ditambah lagi dengan ADD dari APBD Seluma. Pada 2018 DD Lawang Agung diprediksi hanya mencapai Rp 600 juta

 

LUBUK SANDI,Bengkulu Ekspress – Sekalipun anggran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa(ADD) belum ditetapkan besarannya. Desa Lawang Agung tetap memprioritaskan peningkatan fisik desa sebagai program penggunaan DD. Karena sebagian besar masyarakat Desa Lawang Agung, meminta agar sarana jalan di desa mereka dilakukan perbaikan dan peningkatan.

“Sebagaian besar usulan warga untuk peningkatan jalan lapen sepanjang 670 Meter di dua titik termasuk untuk peningkatan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ujar Kepala Desa Lawang Agung Kirman Effendi Ssos kepada Bengkulu Ekspress.
Selain itu, warga juga mengharapkan sarana dan prasarana di Balai Desa dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) terus ditingkatkan. Seperti membangun pagar bumdes dan papin blok bumdes yang telah di bangun pada 2017. Termasuk juga pembuatan badan jalan seluas 300 meter. Mengingat jalan juga dimanfaatkan warga untuk membawa hasil perkebunan mereka.

“Jika ada kelebihan anggaran, maka kita juga membangun siring pasang,” singkatnya.
Dijelaskan kades, dari prediksi yang sudah di sampaikan sebelumnya DD tahun ini mengalami pengurangan dari tahun 2017. Tahun lalu DD Lawang Agung mencapai Rp 790 juta, ditambah lagi dengan ADD dari APBD Seluma. Pada 2018 DD Lawang Agung diprediksi hanya mencapai Rp 600 juta saja.

“Sekalipun mengalami penurunan namun tetap akan di pergunakan untuk pembangunan desa untuk masyarakat desa,”sampainya.
Menurut Kirman, masih banyak sarana dan prasarana desa yang harus di tingkatkan, terutama pembangunan fisik. Hanya saja tetap harus dipilah skala prioritasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*