Selasa, 18/06/2013 - 10:40 WIB
Pendidikan | beonline - Bengkulu Ekspress

PPDB SMK Seleksi Khusus

BENGKULU, BE - Selain menggunakan PIN, dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini juga mengalami perbedaan. Khususnya bagi calon siswa yang ingin bersekolah di SMK. Calon siswa diwajibkan mengikuti seleksi khusus yang diselenggarakan selama 4 hari. Seleksi ini dilakukan mulai tanggal 24 Juni mendatang diseluruh SMK negeri se-Kota Bengkulu. Ditemui BE, Kabid Perencanaan Dispendik Kota Bengkulu, Drs. Gianto mengatakan seleksi ini harus diikuti oleh calon siswa baru yang berkeinginan menjadi siswa SMK. ”Dengan cara mendatangi salah satu SMK negeri yang ada di Kota Bengkulu didampingi oleh orang tua,” katanya.
Selain itu calon siswa ini membawa nomer Ujian Nasional (UN) di SMP/Mts, menyerahkan fotocopy SKHUN sementara yang telah dilegalisir. Syarat tambahan bagi calon siswa yang ingin memilih jurusan Tehnologi Informasi Komputer (TIK) diharuskan membawa surat keterangan buta warna dari Puskesmas terdekat. Sedangkan bagi siswa luar Kota Bengkulu harus melampirkan fotocopy daftar nilai UN atau Ujian Sekolah kolektif yang dilegalisir Dispendik setempat.
“Bagi calon siswa yang telah memiliki persyaratan ini segeralah mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi disalah satu SMK negeri yang ada dikota Bengkulu,” ungkapnya.
Nantinya, bagi siswa yang telah mengikuti seleksi ini akan mendapatkan kartu lulus tes khusus SMK. Kartu ini kemudian digunakan calon siswa SMK untuk mengikuti seleksi nilai akhir yang dilakukan secara online. Sementara itu, dalam sistem pendaftaran online, masing-masing siswa dapat memilih 3 sekolah yang ingin ditujunya. Akan tetapi bagi siswa SMK selain memilih 3 sekolah, calon siswa SMK dapat memilih masing-masing 3 jurusan persekolahnya.
“Contohnya, milih SMKN 1 pilih 3 jurusan, SMKN 2 pilih 3 jurusan dan SMKN 3 pilih 3 jurusan. Berbeda bagi calon siswa yang ingin memilih tingkatan SMA. Karena diSMA tidak ada jurusan, maka calon siswanya hanya memilih 3 SMA yang ingin ditujunya,” paparnya.
Terkait hal tersebut, Kepala SMKN 5 Kota Bengkulu Yahudin MTpd mengatakan dengan diberlakukannya seleksi khusus untuk SMK ini diakuinya sangat membantu sekolah dalam menyeleksi calon siswa. Karena orientasi menjadi siswa SMK adalah siap terjun kedunia lapangan kerja.
“Calon siswa ini nantinya akan diseleksi mulai dari tinggi badan, tidak bertato dan tidak buta warna. Selain seleksi fisik, siswa juga mengikuti tes minat dan bakat. Tes tertulis ini dilakukan untuk mengetahui minat dan bakat siswa sebenarnya,” terangnya.
Diceritakannya, pada tahun ajaran 2010 lalu PPDB yang dilaksanakan Dispendik masih bersifat manual. Sehingga pada saat pendaftaran, siswanya tersebut terlebih dahulu telah melalui tahapan tes yang dilakukan pihaknya. Baik tes fisik maupun akademik. Apalagi khusus untuk jurusan sekretaris yang mempunyai kriteria fisik yang khusus.
Tentunya, dengan kriteria yang terukur. Maka akan  Dengan menggunakan kartu kelulusan itu, calon siswa ini dapat melanjutkan proses seleksinya dengan sistem online. Dan mereka bersaing kembali dengan siswa lainnya.
“Jadi harus punya kartu lulus seleksi khusus, mereka bisa mengikuti PPDB online SMK,” terangnya.

Update
Ingin mengetahui hasil PPDB selain datang langsung kesekolah yang dituju. Orang tua siswa juga dapat mengupdate langsung hasilnya melalui internet dan sms. Cara ini adalah upaya dispendik, agar peserta dapat mengetahui hasilnya setiap saat. Dengan bukti nomor pendaftaran yang telah dikeluarkan oleh operator sekolah. Pendaftar bisa memantau hasilnya melelui http://bengkulu.siap-psb.com yang kemudian dilanjutkan dengan memasukkan nomor bukti pendaftaran pada menu. Sedangkan bagi mereka yang ingin mengetahuinya lewat SMS, tinggal pencet nomor 3949 caranya dengan mengetik PSB <spasi> nomor pendaftaran.
“Sekarang zaman sudah mudah kok, nggak harus kesekolah tinggal upadet internet atau sms saja,” ujarnya.

Jalur Lingkungan
Dispendik Kota Bengkulu menaikkan kouta jalur lingkungan tersebut sebesar 10%. Persentase ini jauh meningkat dari tahun lalu sejumlah 7% dari kouta siswa baru. Tetapi tak seluruh calon siswa dapat memanfaatkan jalur ini. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki.
“Bagi calon siswa jalur lingkungan, harus warga kota Bengkulu dengan menyerahkan kartu keluarga asli dan calon siswa telah terdaftar dalam kartu kelurga itu minimal 1 tahun,” terangnya. (128)

Displaying 1 Comments
Have Your Say

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


enam × 3 =

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved