Positif DBD, Dinkes Fogging

Pelaksanaan fogging1
KEPAHIANG, BE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang kemarin (31/3) melakukan fogging di Kelurahan Dusun Kepahiang. Ini setelah bocah setempat, Adit (5) dinyatakan positif terserang Demam Berdarah Dangue (DBD).
Disisi lain pada kesempatan itu Puskesmas Kepahiang juga membagikan serbu abate kepada para warga. “Bocah yang terserang DBD itu trombositnya tinggal 95 ribu lagi dan IGG/IGM juga positif. Maka dari itu kita melakukan fogging dengan radius 200 meter sekeliling titik fokus (rumah Adit),” ungkap Kadinkes Kepahiang Asli Samin SKM MKes didampingi Kasi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit, Zulfikar SKM.
Menurutnya, dalam fogging dikerahkan sebanyak 2 alat semprot serta disiapkan 35 liter solar yang sudah dicampur racun anti nyamuk Aedes aegypti.
“Nyamuk ini merupakan penyebab terjangkitnya DBD. Maka dari itu fogging ini bertujuan agar nyamuk tersebut tidak lagi berkembang biak,” katanya.
Menurutnya, sejumlah petugas baik dari Dinkes dan Puskesmas Kepahiang juga membagikan serbuk abate kepada warga. “Bukan itu saja kitapun langsung melakukan penyuluhan serta mendata warga yang mengalami deman ataupun positif DBD,” terang Zulfikar.
Lebih jauh dikatakannya, kemungkinan besar pada hari ini (kemarin, red) bukan di Kelurahan Dusun Kepahiang saja yang dilakukan fogging. “Tetapi juga di Kecamatan Muara Kemumu, dalam kesempatan ini kita tetap menghimbau agar warga dapat menjaga kebersihan lingkungan dan hindari benda-benda yang dapat menampung air,” tandasnya. (505)