Porkab Dimulai 15 Maret

Ketua Koni Rejang Lebong saat memimpin rapat persiapan Porkab Rejang Lebong yang akan dimulai pada 15 Maret mendatang.
Ketua Koni Rejang Lebong saat memimpin rapat persiapan Porkab Rejang Lebong yang akan dimulai pada 15 Maret mendatang.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Koni Kabupaten Rejang Lebong memastikan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) akan dimulai pada 15 Maret mendatang. Hal tersebut setelah disepakati dalam rapat yang digelar Koni Rejang Lebong Rabu (24/1) kemarin.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Koni Rejang Lebong, H Andrian Wahyudhi, SE tersebut, panitai juga menyepakati bahwa ada 19 cabang Olahraga yang akan dipertandingkan dalam event akbar tersebut. 19 cabang Olahraga yang akan dipertandingkan tersebut antara lain sepakbola, pencak silat, bola voli, sepak takraw, renang, futsal hingga panjat tebing.

“Seluruh cabang Olahraga yaitu sebanyak 19 cabang yang ada di Rejang Lebong ini akan kita pertandingkan dalam Porkab yang kita jadwalkan akan dimulai pada 15 Maret mendatang,” terang Ketua Koni Rejang Lebong, H Andiran Wahyudhi SE usai memimpin rapat.

Menurut Yudhi, dengan diadakannya Porkab ini nanti, maka Koni Rejang Lebong ingin mencari atlet-atlet berprestasi yang ada di Rejang Lebong. Karena diakui Yudhi selama ini Koni tidak mengetahui jumlat atlet yang berprestasi di Rejang Lebong.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tahun 2018 ini Koni Rejang Lebong akan membentuk Pusdiklat. Selain itu BAPOPSI akan membentuk PPLD. Hal tersebut dilakukan untuk menjaring bibit atlet.

“Ada satu Olahraga baru di Rejang Lebong ini, yaitu panahan, namun dalam Porkab nanti tidak akan kita pertandingkan melaikan hanya eksebisi, ” terang Yudhi.

Masih menurut Yudhi, dalam pelaksanaan Porkab nanti, panitia tidak akan membatasi jumlah atlet yang akan di bawa oleh masing-masing kecamatan. Namun yang terpenting menurut Yudhi, atlet yang bertanding nanti adalah warga Rejang Lebong yang dibutktikan dengan KTP dan kartu identitas lainnya yang sah.

“Karena Porkab ini dalam rangka untuk mencari bibit atlet, pendaftarannya gratis atau tidak dipungut biaya sedikitpun,” tegas Yudhi.

Sementara itu, kedepannya, Koni Rejang Lebong akan mengagendakan kegiatan Porkab ini akan dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Namun menurut Yudhi Koni sifatnya hanya merencanakannya, karena menurutnya pelaksanaan Porkab ini nanti juga tergantung oleh pihak legislatif, karena pelaksanaan Porkab ini sangat bergantung dengan anggaran yang diberikan kepada Koni.

Disisi lain, Ketua panitia pelaksana Porkab, Mahdi Husen SH, mengungkapkan bawah pelaksanaan Porkab ini merupakan langkah baik yang dilakukan Koni dalam mencari bibit atlet beprestasi di Kabupaten Rejang Lebong.

“Kita berharap dari kegiatan Porkab nanti, seluruh atlet dari setiap kecamatan bisa kita saring dan bisa menjadi atlet profesional untuk mengharumkan nama Rejang Lebong kedepannya,” harap Mahdi. (251)