Porbi Musnahkan Puluhan Hama Babi

IRUL/Bengkulu Ekspress BERBURU: Bupati Kaur, Gusril Fauzi SSos saat memimpin langsung berburu massal di kompleks perkantoran Padang Kempas Kecamatan Kaur Selatan, dan anjing saat memangsa babi hasil buruan, Minggu (20/8)
IRUL/Bengkulu Ekspress BERBURU: Bupati Kaur, Gusril Fauzi SSos saat memimpin langsung berburu massal di kompleks perkantoran Padang Kempas Kecamatan Kaur Selatan, dan anjing saat memangsa babi hasil buruan, Minggu (20/8)

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Event wisata berburu babi massal tingkat regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) digelar di Kabupaten Kaur. Lokasinya di lahan pertanian dan perkebunan kompleks perkantoran Padang Kempas Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Ada ratusan peserta dan anjing yang disertakan dalam event. Mereka berhasil memusnahkan kurang lebih 45 ekor babi hutan di beberapa lokasi tersebut. Kegiatan berburu massal se-Sumbagsel itu berlangsung Minggu (20/8) pagi dan sore itu langsung dipimpin Bupati Kaur, Gusril Fauzi SSos.

“Kegiatan ini selain untuk membasmi babi yang sering merusak tanaman warga. Juga kegiatan ini juga sebagai wisata berburu massal se-Sumbagsel, dan hasilnya ada sekitar puluhan ekor kita musnahkan,” kata Bupati Kaur usai berburu babi massal, kemarin (20/8).

Dalam kegiatan berburu babi massal Se-Sumbagsel sekitar pukul 08.00 WIB, dengan menggunakan anjing dari masing-masing anggota Porbi. Kali ini berburu massal mengambil lokasi komplek perkantoran Padang Kempas Kecamatan Kaur Selatan. Kegiatan berburu masal yang langsung dipimpin bupati Kaur dan diikuti oleh seluruh pejabat Pemkab Kaur, anggota

Porbi Kaur serta masyarakat. Buru babi massal merupakan salah satu bentuk kerja keras Porbi dalam mengurangi pertumbuhan dan perkembangan hama babi yang kerap menghantui para petani Kaur. Para peserta cukup besar antusias tim berburu tradisional dan Porbi dari berbagai daerah mengikuti kegiatan berburu di Kaur ini.

“Hama babi jadi pengganggu petani untuk mencapai target panen. Kita berharap, kegiatan ini memberikan sisi yang positif untuk petani di Kaur khususnya,” terang Bupati.

Sementara itu, Ketua Porbi Kabupaten Kaur Najamudin SE mengatakan, kegiatan berburu babi massal Se-Sumbagsel ini dikikuti peserta Porbi dari Kabupaten Pagar Alam, Rejang Lebong, Seluma, Kepahiang, Lubuk Linggau, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, Manna, Bintuhan dan Lampung. Menurut Najam berburu tingkat Sumbagsel sukses digelar di Kaur, sebab ada sekitar 45 babi yang berhasil dibasmi.

“Kegitan ini diikuti oleh kelompok Porbi se- Sembangsel, dan juga kegiatan ini selalin membasmi hama babi juga kegiatan ini juga dapat mengenalkan wisata di Kaur ini,” jelasnya.(618)