Polres Amankan 3 Kg Ganja

Ari, kabag Ops Kompol Rusdi saat menunjukkan BB Ganja yang berhasil mereka temukan (1)

CURUP, BE – Satu persatu keberadaan ganja di kawasan Lembak berhasil diungkap, baik jajaran Polres Rejang Lebong maupun Kodim 0409 Rejang Lebong.  Bila sebelumnya petugas menemukan keberadaan ganja di kawasan Binduriang, kali ini ditemukan di kawasan Kecamatan Sindang Dataran.
Kali ini yang ditemukan adalah 3 kilogram daun ganja kering yang baru usai di panen serta 3 potongan batang dan akar pohon ganja di kawasan kebun milik HG (35), warga Talang Persawahan Desa Bengko Kecamatan Sindang Dataran, Jumat (17/4) dini hari.  Sayangnya tersangka berhasil lolos dari kepungan petugas saat dilakukan penggerebekan.
“Ganja ini kita temukan di dalam jerigen ukuran 20 liter,” ungkap Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dirmanto SH melalui Kabag Ops, Kompol Rusdi SH.
Menurut Rusdi, keberhasilan pihaknya mengungkap keberadaan ganja miliki HG berdasarkan informasi yang disampaikan warga. Diketahui bahwa HG menanam ganja tersebut disela-sela kebun cabai miliknya.  Setelah dilakukan penyelidikan dan dipastikan kebenaran keberadaan ganja tersebut, pihaknya langsung melakukan penggerebekan.
Hanya saja, sesaat sebelum dilakukan penggerebekan, HG diduga kuat baru saja kabur meninggalkan pondok. Tidak tinggal diam, petugas langsung melakukan penggeledahan. Benar saja, di dalam pondok HG, petugas menemukan ganja kering di dalam jerigen.  Tidak berhenti sampai di sana, petugas langsung menyisiri ladang cabe HG.  Sesuai dugaan, petugas menemukan tiga batang ganja yang telah di potong rantingnya.
“Ganja yang berhasil kita temukan ini diperkirakan sudah berusia 10 hingga 12 bulan, hal ini dilihat dari besar batang ganja yang kita temukan,” tambah Rusdi.
Setelah berhasil mengamankan barang bukti 3 Kg ganja, saat ini petugas tengah melakukan penyelidikan keberadaan HG yang diduga kuat masih berada di dalam kawasan wilayah hukum Polres Rejang Lebong.   “Saat ini HG sedang dalam pengejaran petugas kita, diduga HG merupakan bandar ganja di kawasan Sindang Dataran,” tegas Rusdi. (251)