Polda Permudah Perpanjangan SIM

SIDAK (2)
BENGKULU, BE – Direktorat Lalu Lintas (Lantas) Polda Bengkulu terus berupaya secara maksimal pelayananan kepada masyarakat di Provinsi Bengkulu, terutama dalam mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).
Permudah pelayanan perpanjangan SIM dilakukan dengan menyediakan SIM Corner atau tempat perpanjangan SIM yang berada di bebarapa tempat perbelanjaan, seperti BIM dan Mega Mall.
“SIM corner ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Polda, khususnya di bidang Lantas untuk melayani masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan hendak melakukan perpanjangan SIM,” terang Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs HM Ghufron MM MSI, melalui Dir Lantas, Kombes Pol Benny Ali SH SIk, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di gerai SIM Corner, di BIM, Senin (13/4) kemarin.
Ditambahkan Benny Ali, SIM Corner ini pihaknya mampu mengakomodir proses perpanjangan SIM. Namun untuk pembuatan SIM dilakukan di wilayah Polres masing-masing. Kendati demikian, SIM Corner ini merupakan solusi yang dilakukan untuk mempermudah masyarakat dengan tarif terjangkau dan transparan.
“Sesuai dengan ketentuannya, biaya perpanjangan SIM ini adalah Rp 75 ribu untuk sim C dan Rp 80 ribu bagi SIM A. Selain melakukan perpanjangan SIM, pada tempat tersebut masyarakat juga dapat membuat asuransi keselamatan mereka, ini tak diharuskan,” tegas Benny.
Lebih lanjut disampaikan Benny, selain menyediakan SIM Corner, dalam operasi Simpatik yang digelar dari tanggal 1 hingga 21 April 2015 ini. Pihaknya juga menggalakan pelayanan pembuatan SIM keliling di beberapa tempat yang telah ditentukan (lihat grafis,red). Sebab selain memberikan teguran kepada masyarakat juga merupakan salah satu bentuk evaluasi bagi polisi untuk meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
“Untuk lebih memaksimalkan pelayanan, masyarakat juga bisa langsung mendatangi operator layanan SIM keliling yang telah kita jadwalkan di beberapa tempat di Kota Bengkulu,” tutup Dir Lantas.(135)

Grafis : Operator dan Tempat Layanan Pembuatan SIM Keliling di wilayah Kota Bengkulu

1 Kampus Stikes TMS (Hibrida) 13-14 April
2 Simpang Kandis 15-16 April
3 Gedung Bersama (BG) I, UNIB 13-18 April
4 Pertamina (KSKP Pulau Baai) 20 April
5 PT Jarum Super (Simpang Pagar Dewa) 21 April