PNS RSUDHD Sebaiknya Dimutasikan ke Puskesmas

KOTA MANNA, BE – Kelebihan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah (RSUDHD) Manna Bengkulu Selatan (BS), memberikan peluang bagi Pemda BS untuk melakukan mutasi pegawai rumah sakit tersebut ke tempat yang pegawainya masih kurang.
“Mengingat PNS di Puskesmas Pagar Gading masih kurang, sebaiknya sebagian PNS di rumah sakit dimutasikan ke puskesmas ini,” usul Ketua Komisi C DPRD BS, Faizal Mardianto SH, kemarin.
Menurut Faizal, dengan adanya mutasi PNS rumah sakit, akan mengurangi jumlah PNS yang ada. Dengan begitu pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit dapat lebih maksimal dengan jumlah PNS yang tidak berlebih. Disamping itu, puskesmas-puskesmas yang kekurangan pegawai, dapat segera ditambah. Sehingga pelayanan yang diberikan maisng-masing puskesmas juga dapat lebih maksimal.
“Saya harap Pemda dapat lebih profesional. Jika terjadi penumpukan PNS pada suatu instansi, sedangkan instansi lain kekurangan, maka pemda harus memindahkan PNS tersebut ke tempat tugas baru yang masih kosong,” ujar Faizal.
Sebelumnya, Direktur RSUDHD Manna BS, M Redwan Arif S Sos MPH, mengungkapkan saat ini jumlah PNS di rumah sakit sebanyak 365 orang. Jumlah ini sudah berlebih, sebab kebutuhan ideal sekitar 250 orang.
Dengan ada kelebihan PNS sebanyak 100 orang. Dirinya pun mempersilahkan pemda BS untuk memutasikan sekitar 30 persen yang ada di rumah sakit ke tempat kerja yang lain. (369)