PNS Harus Ganti Motor Dinas Hilang

New_PNS

BINTUHAN, BE – Menyikapi ada beberapa unit motor dinas (Tornas) yang hilang di tangan pemegang barang (PNS), Sekretaris Inspektorat Kaur, Yanuar Haris Pribadi SE, mengatakan, harus diganti.  “Kalau kendaran dinas hilang, harus diganti.  Kalau tidak diganti, nanti yang lain tidak menjaga Tornas yang ada padanya,” tegas Yanuar.
Penggantian itu kata Yanuar, tentunya setelah digelar pemeriksaan dan juga rapat tim yang nanti akan melakukan pemeriksaan aset.

Dikatakannya, sepanjang satu tahun terakhir ini ada sekitar empat unit Tornas yang hilang.  Satu diantaranya ditemukan oleh polisi. Namun untuk tiga unit yang belum ketemu itu, pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada pemegang barang mengenai tanggung jawabnya. Artinya bila memang tak bisa ditemukan, maka yang bersangkutan wajib menggantinya dengan uang.

“Tak tebang pilih, pokoknya jika hilang harus diganti.  Sebenarnya bukan Tornas saja, namun seluruh aset juga demikian.  Misalnya laptop yang dibawa pulang milik kantor, lalu hilang, ini juga harus dipertanggungjawabkan,” terangnya.

Ditambahkannya, mengenai taksiran harga motor, itu tergantung dengan kondisi motor serta tahun produksinya, dikurangkan dengan penyusutan.  Terbaru ini Tornas yang hilang diantaranya jenis Yamaha Jupiter Z yang dipegang oleh Irban di Inspektorat sendiri.  Kemudian ada juga Yamaha Jupiter yang dipegang oleh pegawai Setda Kaur.  Kedua kendaraan itu hilang di Kecamatan Maje. Selain itu ada juga Tornas yang hilang milik salah satu guru di Kecamatan Kaur Tengah.

“Untuk saat ini kita sedang psoses kita belum tentukan berapa minimal penggantiannya, kalau tidak juga ditemukan, harus diganti,” jelasnya.(618)