PLTS Terangi Kota Mukomuko

plts-terngi-kabupaten-mukomuko
BUDI/Bengkulu Ekspress. TERANGI: PLTS yang sudah dipasang dan dapat menerangi jalan lintas Kota Mukomuko.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Harapan masyarakat agar pemerintah melakukan pemasangan penerangan jalan umum, khususnya di pusat ibukota hingga RSUD Mukomuko, terwujud. Ini dibuktikan Pemerintah Pusat melalui perjuangan Pemda Mukomuko mampu mendatangkan penerangan  jalan umum menggunakan Pembangkit  Listrik Tenaga Surya (PLTS). Dari 125 unit PLTS,  puluhan unit sudah terpasang dan menerangi wilayah tersebut, yang sebelumnya gelap.

“ Ya, sejak beberapa hari lalu sudah ada lokasi yang dipasang PLTS  yang menerangi jalan umum yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko, Apriansyah ST MT melalui Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, Bachtiar Syofian dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (23/11).

Pemasangan penerangan jalan umum itu mulai  dari Kelurahan Koto Jaya, tepatnya di depan terminal Koto Jaya  menuju depan Satlantas Polres Mukomuko. Selanjutnya dari simpang rumah dinas (rumdin) bupati menuju ke arah Danau Nibung dan RSUD Mukomuko. “ Selama inikan jalan raya itu gelap  dan ditambah lagi ketika masyarakat menuju ke arah RSUD Mukomuko. Saat ini jalan tersebut sudah diterangi PLTS,” katanya. Sebanyak  125 unit PLTS itu masih dalam tahap pemasangan secara bertahap dan akhir Desember ini sudah rampung. Ditanya bagaimana  dengan pemeliharaan PLTS tersebut, Syofi mengatakan, untuk sementara  masih menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Untuk pemeliharaan secara teknis dan lainnya masih kewenangan pemerintah pusat. Nanti jika ratusan unit PLTS itu sudah dihibahkan ke Pemda kabupaten, pihaknya akan melakukan pemeliharaan dengan maksimal yang anggarannya  diusulkan di APBD Kabupaten Mukomuko,” lanjutnya. (900)