PLN Putus Listrik Pelanggan Menunggak

perbaikan-jaringan-pekerjaan-dalam-keadaan-berteganganpdkb-yang-dilakukan-pln-rayon-tais-2
Jefryy/Bengkulu Ekspress – Perbaikan jaringan Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan(PDKB) yang dilakukan PLN Rayon Tais.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Perusahaan Listrik Negara (GM PLN) Rayon Tais mengambil kebijakan tegas terhadap pelanggan yang telah menunggak tidak membayar tagihan listrik selama 3 bulan. Dengan memblokir kilo watt hour (KWH) di rumah 61 pelanggan yang menunggak listrik.

“Pemutusan terpaksa dilakukan. Ketika warga tidak melakukan pembayaran inilahkonsekwensinya. Kedepan pemutusan dan penyegelan ini tetap dilakukan bagi pelanggan yang hanya menunggak sebulan,”tegas  General Manager Perusahaan Listrik Negara (GM PLN) Rayon Tais Rully Patria kepada Bengkulu Ekspress kemarin(23/11).

Sejauh ini ada ribuan pelanggan PLN tidak membayar tagihan listrik alias menunggak. Dari catatan PLN tunggakan itu mencapai Rp 604 juta.

Rully mengimbau pada pelanggan yang menunggak itu segeralah membayar tagihan listriknya. Bila tidak ingin aliran listriknya dicabut pula. Selain itu, membayar listrik tepat waktu juga membantu pemerintah membangun Seluma. Mengingat sebagian dari pembayaran tersebut kembali dipergunakan untuk pembangunan lampu jalan.

“Kita tetap mengajak pelanggan membayar tagihan listriknya tepat waktu,” imbuhnya.

Rully menegaskan, PLN tidak hanya menuntut pelanggannya mebayar tagihan tepat waktu saja, namun Badan Usaha Milik Negara itu juga berupaya memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Pelayanan tetap harus maksimal dengan perbaikan jaringan pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) tanpa memadamkan listrik. Juga dengan memperbaiki sejumlah jaringan dan KWH milik pelanggan sendiri.

PLN juga fokus melakukan penggantian kwh meteran listrik yang rusak. Diharapkan pelanggan aktif melaporkan bila kwh meter di rumahnya tidak berputar atau merasakan tagihan listriknya tiba-tiba kecil padahal pemakaiannya normal. Termasuk melaporkan tagihan listrik diatas tagihan normal.

“Peningkatan layanan PLN itu hendaknya juga diimbangi kesadaran pelanggan melunasi tagihannya tepat waktu,” katanya. .

PLN Rayon Tais pun terus melakukan sosialisasi dan mengajak warga beralih menggunakan meteran prabayar. Menggunakan listrik prabayar banyak keuntungannya. Pertama bebas biaya beban bulanan. Kedua tidak ada sanksi pemutusan jika pelanggan telat membayarkan tagihan listriknya dan ketiga dapat menghemat penggunaan listrik secara mandiri. Karena pemakaiannya  menjadi terkontrol.

“Baik pasang baru maupun menaikkan daya tetap kita haruskan menggunakan meteran prabayar,” sampainya.(333)