Pipa PDAM di Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding Pecah

Padang Ulak Tanding, BE – Pipa saluran air bersih PDAM kembali pecah, tepatnya di Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding (PUT) Kecamatan PUT, tepatnya di samping Musola Darusalam.

Akibatnya, percikan air yang keluar dari pecahan pipa saluran air bersih itu meluber hingga ke jalan raya Curup – Lubuklinggau.

Leni (30), warga Kelurahan Pasar PUT, yang rumahnya tidak jauh dari pecahnya pipa air bersih PDAM, mengatakan, pipa saluran air bersih tersebut kemungkinan pecah pada Kamis malam (9/4).

“Sebab pada sore harinya, pipa PDAM belum pecah. Saya tahu pada pagi harinya waktu saya melintasi jalan tersebut, karena percikan air sampai ke jalan raya,” ujarnya.
Percikan air itu bahkan sempat mengenai pengendara motor yang melintas, sehingga membuat basah baju mereka. Beruntung warga sekitar cepat memasang pelepah daun sawit untuk menutupi percikan air yang muncrat ke jalan raya itu.

Leni menambahkan, ia belum terlihat petugas dari PDAM yang datang untuk memperbaiki pipa yang pecah itu.

Sementara itu Lurah Kelurahan Pasar PUT, Cik Hasan mengungkapkan, baru mengetahui pipa itu pecah dari warga. “Saya baru tahu dari warga yang menyampikan ada pipa air PDAM yang pecah, dan saya langsung mengeceknya,” kata Cik Hasan.

Lebih lanjut, Cik Hasan berharap petugas dari PDAM segera memperbaiki pipa PDAM yang pecah tersebut. Mengingat air tersebut dimanfaatkan warga untuk kebutuhan air bersih.

“Masih ada dua desa lagi yang membutuhkan air bersih dari saluran yang pecah tersebut, yakni Desa Tanjung Sanai 1 dan Desa Tanjung Sanai 2. Bila saluran air ini pecah, mayoritas air di dua desa tersebut tidak tersuplai lagi,” demikian Cik Hasan.(222)