Pindah, Warga Miskin Tak Terima PSKS

SAMSUNG CAMERA PICTURES

BENGKULU, BE – Sejumlah warga Kota Bengkulu mengesalkan tidak bisa menerima dana Program Simpanan Keluarga Sejahter (PSKS) tahun 2015. Sebab, mereka dinyatakan telah pindah domisili.
Rusdi Abas (45), warga Sawah Lebar mengatakan, pihaknya kecewa dengan Cabang PT Pos Bengkulu yang tidak memberikannya dana PSKS tersebut. “Dari pihak panitia meminta surat keterangan pindah kepada saya. Karena memang saya sebelumnya tinggal di Belakang Pondok,” katanya kepada BE, kemarin.
Menurut Rusdi, seharusnya pihak panitia mensosialisasikan hal ini sebelum dana kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tersebut dibagikan kepada mereka yang berhak.
“Kalau sesuai persyaratan yang lama saya sudah lengkap. KTP, Kartu Keluarga dan Kartu Jaminan Sosial, semua saya miliki. Masak hanya karena surat kererangan pindah saya jadi dipersulit,” imbuhnya.
Senada diungkapkan Nurlela (35), warga Kelurahan Kampung Bali. Warga yang dahulu berdomisili di Kelurahan Penuranan ini juga belum bisa mengambil dana PSKS karena tidak memiliki surat keterangan pindah domisili.
“Kemarin saya sudah datang mengantre. Tapi pas giliran saya tiba, saya diminta surat pindah domisili. Sehingga bantuan untuk saya tidak bisa diambil. Saya heran kok jadi dipersulit. Padahal yang saya tahu dimanapun kita berada asal ada kartunya tetap bisa menerima bantuan,” ketusnya.
Dikonfirmasi, Kepala Cabang PT Pos Bengkulu Sudirjo mengatakan, setiap warga yang pindah domisili memang harus memiliki surat keterangan pindah. Hal ini diperlukan agar petugas yang melakukan verifikasi tidak ragu dalam membagikan dana bantuan yang dirapel untuk triwulan pertama tahun 2015 tersebut.
“Kalau terjadi kesalahan pembayaran karena alamat yang tidak sesuai, kita khawatir akan terjadi salah pemberian. Tapi kami memastikan semua yang telah memenuhi syarat pasti akan mendapatkan bantuannya,” demikian Sudirjo. (009)