Pilkades Serentak Harus Sukses

mianARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Hari ini (15/11), sebanyak 20 desa di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II 2017. Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian mengingatkan agar Pilkades ini berjalan dengan baik dan lancar. Tak hanya itu, Bupati juga meminta agar masyarakat dapat berpartisipasi penuh dengan memilih kades yang diinginkan.

‘’Masa pelaksanaan Pilkades serentak gelombang I yang diikuti 180 desa saja sukses. Dalam waktu 2×24 jam sudah bisa dilantik, itu merupakan pelajaran yang besar. Apalagi lagi cuma 20 desa,’’ ujar Bupati kepada Bengkulu Ekspress (BE) ditemui, kemarin (14/11).

Bupati menambahkan, seluruh masyarakat yang ada di 20 desa dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya. Sehingga, didapatkan pemimpin di desa yang benar-benar dapat membawa kemajuan bagi desa yanag bersangkutan.

‘’Kepala desa itu selaku leadernya di desa. Anggaran desa untuk menentukan untuk pembangunan. Pilihlah sosok-sosok yang mempunyai kompetensi dan demokrasi. Sehingga partisipasi masyarakat harus meningkat dalam penggunaan hak pilihnya,’’ ungkapnya.Bupati menyampaikan, pengalaman

Pilkades serentak gelombang I lalu partisipasi masyarakat mencapai angka 90 persen. Bahkan, partisipasi itu mengalahkan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Artinya, animo masyarakat untuk memilih kepala desa cukup tinggi. Sedangkan bagi pasangan yang menang dan kalah dalam Pilkades, diharapkan tidak terjadi keributan dalam bentuk apapun.‘’Jangan ada keributan. Menang atau kalah dalam Pilades, harus selesai sebatas itu. Kemudian, mari bersama-sama membangun desa dan membangun Kabupaten Bengkulu Utara,’’ terangnya.

200 Personel Diturunkan 
SEMENTARA itu, guna memastikan Pilkades ini berjalan tertib, aman dan lancar, Polres Bengkulu Utara menerjunkan sebanyak 200 personel ke setiap desa melakukan pengawasan dan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bahkan, kemarin pagi, Polres BU telah melakukan gelar pasukan di halaman Mapolres Bengkulu Utara, yang dipimpin langsung Waka Polres, Kompol Eko Sisbiantoro SIK.‘’Kita libatkan sebanyak 200 personel dalam PAM TPS dan patroli guna memastikan Pilkades berjalan aman di 20 desa,’’ tuturnya Waka Polres kepada Bengkulu Ekspress (BE), ditemui usai memimpin Gelar Pasukan di halaman Mapolres BU, kemarin (14/11).Waka Polres menyebutkan, pengamanan Pilkades Serentak Gelombang II melibatkan seluruh satuan di Mapolres Bengkulu Utara.

Mulai dari Sat Sabhara, Reskrim, Intel, Narkoba, Lantas dan seluruh satuan lainnya.‘’Untuk PAM TPS dan Patroli menggunakan pakaian dinas tanpa senjata. Sedangkan, Reskrim, Intel dan Narkoba pakaian bebas,’’ pungkasnya.(816)

20 Desa Gelar Pilkades Serentak Gelombang II 2017
Desa Kecamatan
Selubuk Air Napal
Retes Air Padang
Talang Ulu
Sukarami
Melatiharjo Ketahun
Talang Baru7. Bukit Tinggi
Kota Lekat Mudik Hulu Palik
Kota Lekat10. Air Baus II
Air Mangayau Batiknau1
Talang Lembak Air Besi
Tanah Tinggi Padang Jaya
Tambak Rejo15. Sido Luhur
Tanjung Alai Napal Putih
Kinal Jaya
Banjar Sari Enggano
Lubuk Sematung Tanjung Agung Palik
Sukanegara Marga Sakti Sebelat

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*