Pilkades Digelar Serentak

BENTENG, BE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah (Benteng) merancang pelaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak tiga bulan mendatang. Dijelaskan Asisten I Pemkab, Drs Hendri Donal MH jika tidak ada kendala dan pihak DPRD segera mengesahkan Perda maka pelaksanakan Pilkades sertak berlangsung bulan juli 2015 mendatang. “Target kita Perda Pilkades selesai bulan April, jadi bulan juli Pilkades sudah dapat dilaksanakan,” tegas Donal.
Menurutnya, Pemda tengah menunggu pengesahan Raperda pilkades di DPRD Benteng, pada awal bulan April. Sehingga adanya landasan hukum untuk pelaksanaan Pilkades serentak diseluruh wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Supaya seluruh desa yang dijabat PJS Kades dapat memiliki pemimpin difinitif sesuai dengan undang-undang. “Setelah disahkan kita akan lakukan pengundangan, kemudian sosialisasi perda pilkades, lalu persiapan untuk menggelar pilkades gelombang pertama, ” ungkapnya.
Ia menjelaskan, sebelumnya, akan dikeluarkan Surat Keputusan Bupati terkait waktu pasti pelaksanaan pilkades setelah disahkannya raperda. “Limit prosesnya 1 bulan, tahapan pendaftaran 10 hari, verifikasi berkas 20 hari,” jelasnya.
Selanjutnya, katanya, pihaknya juga meminta bagi desa-desa yang sedang menyusun APBD desa untuk memasukan anggaran sebagai tambahan dana pilkades. Pemda juga sudah menganggarkan dana untuk pilkades, dan akan ditambah lagi dengan APBD desa. (320)