PGE Bangun Desa Wisata Geothermal

Bengkulu
ARY/Bengkulu Ekspress. Bupati Rejang Lebong saat menerima cinderamata dari Dirut PT PGE dalam kegiatan syukuran tajak Sumur Eksplorasi BDN-B/1 di lokasi Logyard PGE Bukit Daun Selasa (4/4/2017) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Selain melakukan pengeboran panas bumi yang ada di Kawasan Hutan Lindung Bukit Daun, PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) juga akan melakukan pembangunan desa wisata di kawasan tersebut.

“Selain melakukan pengeboran gas bumi, kita juga akan membangun kawasan desa wisata di sekitar lokasi pengeboran,” ungkap Direktur Utama PT PGE, Irfan Zanuddin dalam kegiatan syukuran tajak Sumur Eksplorasi BDN-B/1 di lokasi Logyard PGE Bukit Daun Selasa (4/4/2017) kemarin.

Dimana menurut Irfan dalam pengembangan dan pembangunan desa wisata geothermal tersebut, PT PGE akan memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang indah yang ada di kawasan PGE Bukit Daun. Karena dengan adanya pengelolaan yang baik maka menurutnya potensi yang ada tersebut nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata yang baik di Rejang Lebong.

“Pengembangan Desa Wisata Geothermal ini sudah pernah kami lakukan di Kamojong Jawa Barat,” tambah Irfan.

Dalam pengembangan desa wisata tersebut, Irfan mengaku sudah bersinergi dengan kementerian pariwisata dalam mengembangkan kearifan lokal sekitar lingkungan operasi PGE. Dengan adanya kawasan desa wisata geothermal ini ia berharap dapat menjadi salah satu destinasi pariwisata nusantara.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong, DR (HC) H A Hijazi SH MSi mengaku menyambut baik program pembentukan desa wisata geothermal yang akan dilakukan oleh PT PGE tersebut. Karena menurutnya juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang akan menjadikan Rejang Lebong sebagai Kota wisata.

Dalam membangun desa wisata tersebut, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan menyiapkan sarana pendukungnya, seperti pusat jajanan dan maupaun oleh-oleh bagi para pengunjungan nantinya.

“Sejumlah pembangunan akan kita siapkan untuk mendukung desa wisata ini, mulai dari perhotelan hingga kuliner yang akan mengedepankan produk unggulan lokal,” jelas bupati.(251)