Petani Tingkatkan Hasil Pertanian

Plt Gubernur Bengkulu, Dr Rohidin Mersyah MMA menghadiri acara Panen Raya Padi di Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), kemarin (7/1)
Plt Gubernur Bengkulu, Dr Rohidin Mersyah MMA menghadiri acara Panen Raya Padi di Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), kemarin (7/1)

MARGA SAKTI SEBELAT, Bengkulu Ekspress– Plt Gubernur Bengkulu, Dr Rohidin Mersyah MMA menghadiri acara Panen Raya Padi di Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), kemarin (7/1). Dalam acara itu, Plt Gubernur membagikan 5 alat power thresher dan 1 handtraktor besar. Tak hanya itu, Plt Gubernur juga menyampaikan, ada bantuan bibit padi untuk 37 ribu Haktare (Ha) bagi Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tahun 2018 ini.

‘’Untuk Provinsi Bengkulu tahun 2018 ini kita dapat bibit untuk 200 ribu hektare. Sedangkan, Bengkulu Utara mendapatkan bibit untuk 37 ribu hektare lebih,’’ ujarnya.
Rohidin cukup senang dengan hasil panen raya di Kecamatan MSS. Untuk itu, ia meminta agar hasil produksi pertanian di Kabupaten Bengkulu Utara dapat lebih ditingkatkan lagi. Apalagi, pihak Provinsi akan mendukung penuh kebutuhan sarana dan prasarana di bidang pertanian.

‘’Terus ditingkatkan. Karena jumlah produksi padi masih kalah dibandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk. Untuk itu, para petani harus mengejarnya dan pemerintah siap mensupport itu,’’ ungkapnya.Plt Gubernur juga menyampaikan, untuk menaikkan hasil produksi pertanian dibutuhkan keseriusan. Kemudian, diperlukan irigasi yang baik, pupuk dan bibit tepat waktu. Maka, diperlukan juga satgas pangan, turun melakukan razia pangan dari hulu hingga ke ilir.

‘’Kita akan upayakan irigasi yang baik, sehingga bisa masa tanam 3 kali dalam setahun. Kekurangan-kekurangan fasilitas pertanian akan terus kita tingkatkan guna memaksimalkan produksi ini,’’ terangnya.
Sebelumnya, Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian menjelaskan MSS merupakan salah satu sentral produksi pertanian di Kabupaten Bengkulu Utara, setelah Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya. Untuk itu, dengan kehadiran langsung Plt Gubernur diharapkan sektor pertanian di Kabupaten Bengkulu Utara dapat terus bertumbuh dan berkembang.

‘’Rata-rata panen ini 4 ton lebih dalam 1 haktare. Angka ini diharapkan dapat lebih ditingkatkan dengan perbaikan sarana pertanian, ketersediaan pupuk dan bibit yang baik,’’ tuturnya.
Bupati melanjutkan di Kecamatan MSS setidaknya ada 800 Ha lahan yang siap dialihkan menjadi lahan pertanian. Dukungan dari Plt Gubernur sangat diharapkan, agar program cetak sawah di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara dapat terealisasi.

‘’Ada 800 hektare lahan pertanian yang siap dibuka di Marga Sakti Sebelat. Bahkan, lokasi ini sudah di survei sebelumnya, tapi kita keduluan dari Mukomuko,’’ jelasnya.
Wabup Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata SE menyebutkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara terus berupaya meningkatkan produksi di sektor pertanian. ‘’Ini menjadi salah satu perhatian pemerintah untuk ketahanan pangan dan pertumbuhan perekonomian disektor pertanian,’’ pungkasnya.(816)