Petani Diminta Budidaya Benih Unggul

SOSIALISASI : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Benteng, Damsik SPKP memberikan sosialisasi kepada kelompok mandiri benih di Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Benteng, Sabtu (4/11).
SOSIALISASI : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Benteng, Damsik SPKP memberikan sosialisasi kepada kelompok mandiri benih di Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Benteng, Sabtu (4/11).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Meningkatkan kesejahteraan para petani, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembuatan benih unggul. Dengan demikian, diharapkan hasil produksi padi di Kabupaten Benteng bisa mengalami peningkatan yang signifikan. Kepala Distan Kabupaten Benteng, Damsik SPKP mengatakan, saat ini pihaknya sudah membentuk 3 (tiga) kelompok mandiri benih di Kabupaten Benteng. Semuanya terbagi di 3 desa, yakni Desa Sukarami, Desa Lubuk Sini dan Desa Dusun Baru II.

“Sejak tahun 2016 lalu, Pemda melalui Distan Kabupaten Benteng sudah membentuk 3 desa mandiri benih,” ungkap Damsik. Lebih lanjut Damsik menuturkan, bahwa pihaknya akan terus memberikan bimbingan teknis secara langsung kepada seluruh anggota kelompok. “Sebagai stimulan, pemerintah akan memberikan bantuan benih unggul kepada setiap kelompok. Dengan bantuan tersebut, kelompok diberikan kesempatan untuk melakukan budidaya dan pengembangan benih unggul yang tentunya diharapkan memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih baik,” tandas Damsik.

Selain diharapkan mampu mencukupi kebutuhan bibit unggul bagi seluruh petani di desa mereka, Damsik juga mengharapkan agar kelompok bisa memiliki semangat yang antusias agar benih yang dihasilkan bisa menyebar dan memenuhi kebutuhan pasar di Provinsi Bengkulu. “Selain untuk kebutuhan mereka, petani juga diberikan pengetahuan tentang tata cara berbisnis. Sehingga, mereka memiliki semangat untuk menghasilan benih unggul yang bisa di jual ke wilayah luar desa mereka,” tandas Damsik.(135)