Petani Berharap Harga Bertahan

tandan-buah-segar-sawit-kabupaten-mukomuko
FOTO: Petani mengharapkan harga TBS bertahan tinggi

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress– Petani sawit di wilayah kabupaten Mukomuko berharap harga tandan buah segar (TBS) minimal tetap bertahan diatas Rp 1.300/kg khususnya yang dibeli pedagang pengumpul atau toke di daerah tersebut. “Saat ini harga TBS dibeli pabrik mencapai Rp 1.460/kg lebih. Dan kami jual ke pedagang pengumpul diatas Rp 1300/kg,” aku Petani Sawit Kota Mukomuko, Nasution kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (24/11).

Menurutnya dengan harga lumayan tingi tersebut petani mendapatkan keuntungan yang lumayan dan tanaman sawit dapat dilakukan pemeliharaan dengan baik seperti diberi pupuk dan dibersihkan. “Hasil kebunnya minimal satu ton. Harga diatas Rp 1300/kg, masih mendapatkan keuntungan yang lumayan. Ditambah lagi kebunnya berada tak jauh dari jalan lintas dan tak jauh dari pabrik,” katanya.

Ia memilih menjual tbs ke pedagang pengumpul. Dikarenakan hasil produksi yang belum besar dan tidak ada kendaraan sendiri untuk mengangkut tbs tersebut. “ Jika hasil kebunnya diatas 6 ton saja. Ia sendiri yang menjual ke pabrik. Karena hasil yang masih sedikit dan dengan hitung – hitungan lebih untung dijual kepada pedagang pengumpul. Karena toke membeli sawit milik petani bervariasi dan berapapun yang dijual siap dibeli,” akunya.

Hal senada disampaikan petani lainnya, Wahyudi, dengan harga tersebut tidak ada keluhan petani. Ia mengharapkan pemerintah melalui dinas dan instansi terkait melakukan pengawasan secara ketat khususnya kepada pabrik – pabrik yang membeli tbs petani.

“Harga diatas Rp 1300/kg yang kami jual memberikan keuntungan yang lumayan. Dengan harapan harga tersebut bertahan,” harapnya. (900)