Pertama dan Spektakuler, 2 Ribu Anak Lomba Marathon

Bengkulu Kids MarathonBENGKULU, Bengkulu Ekspress -Sebanyak 2 ribu anak-anak pada hari ini (31/12) pukul 06.00 WIB mengikuti Bengkulu Kids Marathon di Jl. S. Parman Kota Bengkulu. Event spektakuler yang digelar Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama dengan Harian Bengkulu Ekspress ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia olahraga kepada anak-anak khususnya anak dari tingkat PAUD, TK dan SD. Event Organaizer (EO) Harian Bengkulu Ekspress, Rahmat mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti Bengkulu Kids Marathon mencapai sekitar 2 ribu anak-anak dan bagi peserta yang finish pertama hingga ketiga dengan dua katagori A usia 4-6 tahun dan katagori B usia 7-8 tahun itu akan meraih piala gubernur dengan total hadiah jutaan rupiah termasuk sertifikat dan mendali juga akan didapatkan. “Dari 2 ribu peserta tersebut nanti akan ada yang mendapatkan piala gubernur bagi yang sampai finish pertama hingga ketiga,” kata Rahmat, Sabtu (30/12).

Selain mendapatkan piala, bagi 1000 finiser pertama juga akan mendapatkan mendali dan sertifikat, termasuk semua perserta nantinya akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Bunda PAUD Provinsi Derta Wahyulin Rohidin. “Karena pesertanya mencapai ribuan, maka kami meminta orang tua untuk mendampingi anak,” ujar Rahmat.

Persiapan para orang tua selain mendampingi para anak-anaknya, juga dituntut harus menjaga kondisi tubuh dan stamina anak agar selalu fit salah satunya dengan membawa peralatan minum untuk anak. Selain itu, setiap orang tua diharuskan selalu memperhatikan anaknya ketika sedang berjalan agar tidak tersandung maupun terjadi hal yang tidak diinginkan. “Bagi anak yang merasa lelah karena sudah berjalan cukup jauh, orang tua boleh menggendong para anaknya,” ungkap Rahmat.

Meski begitu, setiap orang tua haruslah dapat memperkenalkan dunia olahraga kepada anak-anak melalui event ini karena tujuan dari diselenggarakannya event ini yaitu agar anak lebih mencintai olahraga sejak dini. Sehingga para orang tua jangan mengajarkan anak untuk malas berolahraga maupun melakukan tindakan curang saat mengikuti Bengkulu Marathon Kids. “Orang tua harus mengajarkan anak sportif dan tidak mencari jalan pintas pada saat mengikuti event ini,” jelas Rahmat.

Selain menggelar Bengkulu Kids Marathon, pada hari yang sama para peserta juga akan dihibur dengan berbagai kegiatan lainnya seperti flashmob kids, pameran pecinta fauna, istana balon, hiburan anak, costplay, drumband. Kegiatan tersebut diadakan untuk melatih bakat dan kecerdasan para anak sehingga para anak tidak jenuh dibuatnya. “Intinya kami berusaha membuat semua anak di Bengkulu bisa ceria dan terhibur,” tukasnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Provinsi Bengkulu, Drs Ade Erlangga M MSi mengatakan, selain bertujuan menghibur anak-anak event ini juga sebagai hadiah untuk anak-anak yang libur sekolah dalam menyambut tahun baru 2018, sekaligus menyabut Wonderful  Bengkulu 2020.

“Ini sangat bagus, bukan hanya soal tahun baru saja, tapi melibatkan anak-anak untuk menyabut Bengkulu woderful 2020 mendatang,” terang Ade.

Demi menyabut Bengkulu woderful 2020, Pemerintah Provinsi Bengkulu sengaja melibatkan anak-anak agar ikut mendukung kemajuan Bengkulu. Sebab dalam keterlibatan itu, akan berdampak untuk melibatkan semua orang yang ada di Bengkulu. Seperti mengikuti Bengkulu Kids Marathon ini, tidak hanya anak-anak yang jadi peserta, orang tua atau pendamping pun ikut memeriahkan event tersebut. “Jadi penting sakali, disitu kita bisa mensosialisasikan sejak dini, untuk menyabut Benglulu Woderful 2020,” tambahnya.

Tidak hanya itu, event olehraga ini juga untuk menggali potensi sejak dini anak-anak dibadang olahraga. Ketika potensi tersebut telah tumbuh, maka Bengkulu tidak perlu lagi sulit mencari atlit yang menjadi kebanggaan Bengkulu.

Ade mengatakan, jika olahraga itu berkembang didaerah, maka dipastikan ekonomi daerah itu juga akan tumbuh dengan sendirinya. “Kita lihat daerah atau negara maju itu pasti olahraganya maju dan ekonominya juga ikut maju,” tegas Ade. (999)