Personel Sabhara Amankan Pilkades

Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Seluma, menggelar pelatihan pengendalian massa  pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serenta
Personel Polres Seluma, berjaga dipintu masuk Polres Seluma. Semenjak maraknya teror di kantor polisi atau pos polisi di Indonesia, penjagaan di Mapolres Seluma diperketat.

SELUMA TIMUR,Bengkulu Ekspress – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Seluma, menggelar pelatihan pengendalian massa pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, kemarin (16/7). Pelatihan yang dipimpin langsung Kasat Sabhara AKP Syafrizal ini, sebagai persiapan pengamanan Pilkades yang diselenggarakan pada Kamis (20/7). Dengan melibatkan sebanyak 30 orang anggota Satuan Sabhara.
Kapolres Seluma AKBP Raden Tri Wahyu Budiyanto SIK MM didampingi Kasat Sabhara AKP Syafrizal dan Humas Polres Seluma Ipda Agus mengatakan, untuk pengamanan Pilkades nanti, satu desa diawasi satu personel Polres Seluma. Petugas yang menjaga di desa pada saat pelaksanaan pilkdes tidak dilengkapi dengan senjata lengkap.

“Kalau untuk petugas yang berjaga di desa tidak kami bekali dengan senjata,” tegasnya.
Hanya saja, personel Sabhara inti yang disiagakan di Mapolres Seluma, memiliki perlengkapan dan senjata lengkap. Termasuk tongkat, helm, tameng, serta perlengkapan lainnya. Jika memang terjadi kerusuhan di desa, serta membutuhkan pengamanan maka anggota Sabhara dengan senjata lengkap tersebut langsung turun.

“Untuk yang bersenjata lengkap diterjunkan jika memang terjadi kerusuhan karena proses pilkades di desa,” tegasnya.
Meski demikian, Polres Seluma tetap mengimbau kepada seluruh panitia pelaksanaan Pilkades serentak, serta calon yang bertarung bersama menjaga proses demokrasi ditingkat desa berjalan dengan aman. Kemudian tidak terjadi kerusuhan serta gejolak akibat proses pemilihan tersebut.

“Semuanya bertanggungjawab untuk bersama-sama menjaga agar situasi di desanya tetap aman. Bukan hanya panitia pilkades, tapi calon juga harus bisa mendukung agar semuanya berjalan lancar,” pungkas Agus.(333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*