Perpusda Butuh Gedung Baru

Bekas Kantor Disnakertrans Benteng, akan dijadikan kantor Perpusda

BENTENG, BE – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Bengkulu Tengah membutuhkan gedung baru. Hal itu guna menunjang aktifitas Perpusda dalam menyalani masyarakat, untuk membaca buku. Sebab kantor yang ada saat ini terasa sangat sempit, karena ruko dua pintu yang dikontrak Perpusda saat ini sangat kecil.
Kepala Kantor Perpusda Benteng Dra. N Yuhanah mengatakan, untuk mengatasi persoalan tersebut pihaknya sudah mengajukan permohonan kepada Bupati melalui Sekda, untuk menempati gedung kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Dinsonaketrans). “Permohonan sudah diajukan, tinggal menunggu keputusannya lagi. Kita memang harus pindah sebab kantor, saat sudah tidak mencukup untuk menata perpustakaan, jadi kalau ada buku-buku baru yang masuk kita kesulitan untuk menatanya,” ujar Yuhanah.
Kepindahan Perpusda ke kantor Dinsonakertras direalisasikan awal tahun depan. Sebab pembangunan gedung Dinsosnaketrans  telah selasai dikomplek perkantoran Pemerintah dikawasan Renah Semanek dan Renah Lebar Kecamatan Karang Tinggi. “Kalau gedung itu (Dinsos), lokasi dan bangunannya pas untuk dibuat perpustakaan,” ungkap Yuhana.
Selain karena persoalan bangunan yang sempit, ruko yang dikontrak Perpusda saat ini kemungkinan besar dana sewanya akan meningkat, memasuki awal tahun mendatang. “Kondisi ini menjadi kendala Perpusda, karena anggaran yang miliki kurang dari Rp 1 miliar, hanya mampu untuk membiayai kebutuhan rutin,” ucapnya.
Saat ini Perpusda saat terus konsisten enumbuhkan minta membaca masyarakat, terutama dikalangan pelajar. Prestasinyapun terbilang cemerlang untuk Perpusda baru. Sebab dalam lomba bercerita atau mendongeng Benteng lolos untuk mewakili Provinsi Bengkulu hingga tingkat nasional. (320)