Permintaan Darah 100 Kantong/Hari

darah 1

BENGKULU, BE – Banyaknya pasien rumah sakit di sekitar kota Bengkulu  membutuhkan transfusi darah, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Bengkulu kerja ekstra dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Sehari permintaan darah mencapai sekitar 100 kantong. Sementara  saat ini PMI  menyuplai sekitar 60 sampai 80 kantong perhari.
Wakil Sekretaris PMI Provinsi, Ir. Susdimatamin, mengatakan minat masyarakat di Kota Bengkulu melakukan donor darah masih rendah.  “Masyarakat kita masih banyak yang takut untuk melakukan donor sehingga ya kita hanya dapat sedikit,”  ujarnya.  PMI juga mempunyai donor aktif sebanyak 300 orang yang berada di Bengkulu dan sekitarnya. Donor aktif ini biasanya di lakukan sekali dalam tiga bulan sesuai dengan anjuran dokter.  “Tetapi jika kedaan stok mengkhawatirkan, maka kegiatan ini bisa dilakukan sekali dalam dua bulan,” katanya.
Untuk melakukan donor darah tekanan darah normalnya harus 120/90 untuk usia 25-40 tahun sedangkan pada usia 40 tahun keatas tekanan darah 140/90. Semua donor darah masuk melalui satu pintu yaitu UDD (Unit Donor Darah) yang berlokasi di Daerah RSUD M Yunus Bengkulu.
Susdimatamin mengatakan darah   paling sulit didapatkan adalah golongan darah AB. “Kebanyakan orang yang mempunyai golongan darah AB mempunyai tekanan darah yang lemah sehngga tidak bisa didonor,”  pungkasnya.
Demi menjaga sterilisasi donor darah dan mencegah infeksi kepada pasien penerima darah setiap kantong darah harus di uji saring terhadap infeksi.  Metoda uji saring yang digunakan adalah Elisa (70% donasi), Rapid Test (30% donasi) dan NAT.
Untuk mendapatkan donor darah dari PMI cukup mudah, masyarakat hanya menandatangani berita acara yang kemudian berita acara ini dibawa PMI ke BPJS kesehatan atau ASKES  untuk mendapat servis cost atau biaya yang dikeluarkan oleh PMI dalam melakukan donor darah. (cw5)