Perempuan, Motor Perubahan

CURUP, BE – Keberadaan perempuan saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan menurut Assiten III Sekkab Rejang Lebong Dra. Denny Soedartiny saat menyampaikan sambutan Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM dalam peringatan Hari Ibu kemarin (22/12), saat ini perempuan bisa menjadi motor perubahan.
“Perempuan Indonesia masa kini memiliki kesetaraan dengan laki-laki dalam pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan menuju Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian,” jelas Denny.
Menurut Denny, saat ini kaum perempuan tidak hanya sebagai pengguna hasil pembangunan. Namun, juga ikut berperan dalam pembangunan yang ada.  Lebih lanjut ia menjelaskan saat ini perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki.
Sementara itu, terkait dengan peringatan hari ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, menurut Denny kegiatan tersebut harus terus dilakukan untuk kemajuan keluarga, masyarakat dan negara.
“Kita berharap agar peringaran Hari Ibu membawa hal positif supaya kita lebih menghormati kaum perempuan,” harap Denny.
Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Panitia Hj Susilawati SE MM yang diwakili Wakil Ketua TP PKK Rejang Lebong Erna Syafewi, SPd menjelaskan, diperingatinya Hari Ibu merupakan bagian dari upaya mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan.
“Dengan adanya peringatan hari ibu ini juga untuk menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan telah menempuh jalan panjang,” ungkap Erna Syafewi.
Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya peringatan Hari Ibu diharapkan bisa mewariskan nilai-nilai luhur perjuangan perempuan kepada generasi muda saat ini.  Dengan adanya warisan nilai luhur tersebut, diharapkan kaum muda semakin bersemangat dalam membangun negeri ini.
“Dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan peran serta perempuan dalam pembangunan nasional yang bermartabat. Sehingga perempuan memiliki kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan,”  harapnya.
Dalam memeriahkan peringatan Hari Ibu ini, berbagai rangkaian kegiatan telah dilakukan oleh panitia.  Lomba-lomba yang dilaksanakan seperti lomba mendongeng penghantar tidur untuk bapak-bapak, lomba pemanfaatan toga, lomba lagu HKG, lomba menulis surat untuk ibu, lomba wisata belanja untuk bapak-bapak, lomba memasang baju oleh ibu-ibu kepada bapak-bapak dan lain sebagainya. Dalam peringatan hari ibu kemarin, berbagai kegiatan juga dilaksanakan seperti pementasan drama.(251)